22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

3 Tipe Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kamu Yang Mana?

blokbojonegoro.com | Monday, 06 December 2021 07:00

3 Tipe Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kamu Yang Mana?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mendidik anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu upaya dan juga kesabaran agar anak bisa tubuh menjadi pribadi yang baik.

Tapi, terkadang tidak semua orangtua punya kemampuan tersebut. Penting untuk diingat bahwa mendidik anak tidak hanya memberi peraturan semata.

Tetapi orangtua juga perlu memberi saran atau pesan kepada anaknya. Nah, ada tiga tipe orangtua dalam mendidik anak yang dikutip dari buku Happy Parenting: Without Spanking Or Yelling (2017), yang ditulis oleh Novita Tandry. Berikut rangkumannya.

Mendidik Secara Ketat dan Otoriter

Tipe orangtua pertama dalam mendidik anak adalah dengan cara ketat atau yang disebut otoriter. Seperti para orangtua dahulu, mereka memilih mendidik anak dengan cara yang keras. Meski mendidik dengan cara tersebut dapat membantu anak menjadi lebih baik, tak jarang anak akan mengalami keluhan dari bentuk didikannya. Di mana mereka kurang bebas dalam berekspresi.

Parahnya, anak akan berpotensi melawan orangtua jika orangtua terus memperketat apa yang menjadi keinginannya.

Mendidik Dengan Easygoing Dan Pemurah

Ada tipe orangtua yang mendidik anak dengan cara yang baik, salah satunya adalah dengan kelembutan dan juga pemurah. Tentu orangtua yang seperti ini akan membuat anak tenang. Bahkan, orangtua yang lembut dan baik dalam mendidik, menjadikan anak yang terus positif dalam hidupnya.

Selain itu, ketika anak merasa tidak mampu dalam menghadapi sesuatu, tipe orangtua yang satu ini akan membantu anak untuk terus percaya diri. Bukan merendahkan, justru orangtua ingin terus memperlakukan anaknya dengan baik hingga dewasa.

Mendidik yang Tidak Konsisten Dan Tidak Bisa Diprediksi

Tidak seperti tipe orangtua lainnya, cara mendidik anak yang satu ini justru tidak bisa diprediksi dan tidak konsisten. Misalnya, orangtua memperlakukan anak sendiri tidak lebih baik, tetapi memperlakukan anak orang lain justru lebih baik.

Tentu cara tersebut bisa bikin anak mulai bertanya-tanya, bahkan mereka akan mempertanyakan tentang kasih sayang mereka. Selain itu, anak akan merasa tidak adil dalam hidupnya, di mana orangtua merasa lebih peduli dengan anak orang lain ketimbang anak sendiri.

Bagaimana family, Anda tipe yang mana dalam mendidik anak, yang baik, otoriter, atau tidak konsisten?

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat