22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bertabur Warna, Peringatan Hakordia di Bojonegoro Cegah Korupsi Melalui Gambar

blokbojonegoro.com | Saturday, 11 December 2021 15:00

Bertabur Warna, Peringatan Hakordia di Bojonegoro Cegah Korupsi Melalui Gambar

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Inspektorat Kabupaten Bojonegoro menggelar lomba menggambar poster dan karikatur bertema "Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi" di GOR Sekolah Model Terpadu,  dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021.

Inspektur Pembantu Pengawas Reformasi Birokrasi (Irbanwas RB) dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Inspektorat Kabupaten Bojonegoro, Rahmat Junaidi mengatakan, Hakordia diperingati setiap 9 Desember dan tahun ini filosofi utama adalah pendidikan anti korupsi dan membangun budaya anti korupsi, yang diwujudkan dalam lomba menggambar.

Peserta lomba berasal dari siswa-siswi SD kelas 5 dan 6. Tema Hakordia tahun ini tentang pendidikan yang diterapkan sedini mungkin. "Kegiatan pertama kalinya ini bisa terselenggara karena dukungan dari beberapa lembaga yaitu Inspektorat, Dinas Pendidikan serta mitra dari Bank Daerah Bojonegoro juga Polres Bojonegoro," tegas Rahmat Junaidi.

Lanjut Rahmat, hasil karya siswa-siswi akan dibukukan untuk kemudian dikirim ke Komisi Anti Korupsi (KPK). Dengan harapan, ke-33 siswa-siswi perwakilan yang mengikuti lomba sudah bisa membedakan perbuatan yang tidak baik seperti korupsi dan berani mengatakan saya tidak akan korupsi.

"Berdurasi 90 menit, penilaian lomba berdasarkan aspek kreatifitas dan pemenuhan nilai-nilai anti korupsi yakni jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, adil dan berani," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Fathkur Rokhim mengatakan, kegiatan terkait Hakordia tahun 2021 ini sangat luar biasa. Terlebih menggandeng murid-murid tingkat sekolah dasar. Menurutnya, sasaran sangat pas untuk menangkal budaya korupsi sejak awal.

"Sejak usia dini, anak-anak harus tahu bahwa korupsi bukan hal yang bagus untuk dilakukan. Sehingga dengan kegiatan melalui menggambar poster, saya yakin anak-anak sudah memiliki konsep bahwa korupsi harus diberantas," ungkapnya.

Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bojonegoro Zamroni yang juga hadir pada acara tersebut menjelaskan, anak-anak sejak kecil perlu tahu apa itu korupsi, agar ke depan bisa menjadi anak-anak pintar dan bisa berbakti pada bangsa dan negara, serta tidak terjerumus kepada tindakan korupsi.

"Korupsi dapat dilakukan secara sadar dan tidak sadar baik itu di lingkungan sekolah, masyarakat, dan pekerjaan. Salah satu contoh kecil korupsi waktu seperti bolos sekolah terlambat. Diharapkan siswa-siswi, orang tua dan guru agar mulai saat ini disiplin terhadap waktu serta bertanggung jawab pada tindakan yang dilakukan," pungkasnya. [liz/mu]

Adapun Pemenang Lomba Antara Lain:

1. Juara 1 Roro Ayu (SD Kauman I) Skor 275. Hadiah berupa tabungan senilai Rp1 juta. 2. Juara 2 Brastha (SD Katolik) Skor 245. Hadiah berupa tabungan senilai Rp800 ribu. 3. Juara 3 Evelyn Novina (SD Kepatihan) Skor 245. Hadiah berupa tabungan senilai Rp600 ribu. 4. Juara 4 Salwa Aurelia (SD Campurejo I) Skor 245. Hadiah berupa tabungan senilai Rp400 ribu.

5. Harapan 1 Nabila (SD Kadipaten II) Skor 245. Hadiah berupa tas sekolah. 6. Harapan 2 Zahrotusita (SD Muhammadiyah) Skor 235. Hadiah berupa tas sekolah. 7. Harapan 3 Bilqis (SD Intan Permata) Skor 230. Hadiah berupa tas sekolah. 8. Harapan 4 Zakia Putri (SD Pacul I) Skor 210. Hadiah berupa tas sekolah.

 

Tag : Pendidikan anti korupsi, kpk, hari anti korupsi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat