12:00 . Jalani Proses Hukum, Oknum Jaksa Kejari Bojonegoro Dicopot   |   07:00 . HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Pakar Ungkap 7 Tantangan Kesehatan yang Dimiliki Indonesia   |   19:00 . Diduga Sodomi Siswa SMA di Jombang, Pejabat Kejari Bojonegoro Diringkus   |   18:00 . Gebyar Kemerdekaan SMPN Kapas Turut Aktif Hingga Peroleh Beragam Penghargaan   |   15:00 . Tangis Abah Lala Pecah, Lagu Ciptaannya Ojo Dibandingke Dinyanyikan di Istana Merdeka   |   14:00 . Rakor Pendamping PKH, Bupati Bojonegoro Tekankan Integritas Mutu SDM   |   13:00 . Berkas Kades Kapas P-21, Tersangka Dilimpahkan ke Kejari   |   12:00 . Warga Balen Jelajahi Makam Walisongo Pakai Motor Butut   |   07:00 . 6 Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur, Yuk Terapkan Kebiasaan Sehat Ini   |   20:00 . Farel Prayoga Goyangkan Istana Merdeka Dalam Perayaan HUT ke-77 RI   |   19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |  
Fri, 19 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dear Parents! Ini 4 Cara Agar Anak Merasa Dihargai

blokbojonegoro.com | Saturday, 11 December 2021 07:00

Dear Parents! Ini 4 Cara Agar Anak Merasa Dihargai

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ketika mendidik terkadang orangtua lupa cara menghargai sang anak. Terlebih, ada orangtua yang kerap membatasi anak sehingga mereka merasa tidak bebas.

Tak hanya itu, tidak jarang justru orangtua justru memaksakan kehendaknya sehingga sang anak kehilangan jati diri.  Padahal, sebagai orangtua Anda perlu hargai keberadaan anak, terutama pada apa yang mereka lakukan selama itu positif bagi tumbuh kembangnya.

Mengutip dari buku Happy Parenting: Without Spanking Or Yelling (2017) yang ditulis oleh Novita Tandry, ada empat cara agar anak merasa dihargai keberadaannya. Ini dia!

Berikan Perhatian

Memberikan perhatian merupakan hal yang paling penting bagi anak. Bahkan, perhatian jauh lebih efektif jika tidak dibagi dan diberikan tanpa gangguan atau interupsi. Perhatian yang diberikan dari orangtua ke anak, meski hanya beberapa detik, itu sudah membuat anak jauh lebih berharga.

Perhatian tentu tidak harus memberi barang mewah kepada anak. Alternatif nya, Anda bisa berikan senyuman, pelukan hangat, atau kata-kata penyemangat untuk mereka.  

Berikan Pujian

Selain memberi perhatian, pujian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Ketika anak merasa diapresiasi atas tindakan positif yang dilakukannya, ini sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di usia remaja dan dewasa. Tentu saja, ingatan anak akan terasa membekas ketika pujian dari orangtua bernada positif dan penuh kasih sayang.

Berikan hak istimewa

Memberi hak istimewa tidak harus dengan barang-barang mewah. Anda bisa memberi hak seperti kebebasan dan juga pujian untuk mereka. Pada saat Anda membagi waktu untuk sang anak, perlakuan yang baik serta perhatian bisa menjadi harta yang berharga untuk mereka. Tetapi, jangan untuk perhatikan pola makan sang anak. Dan di sinilah orangtua perlu memberi asupan yang baik buat anak.

Berikan Cinta Dan Kasih Sayang

Penting bagi anak untuk tahu bahwa mereka disayangi oleh orangtua nya sendiri, meski mereka melakukan hal yang buruk di lingkungannya. Dengan kata lain, Anda perlu berikan cinta dan kasih sayang, meski pada saat yang sama Anda membenci kesalahan anak yang telah dilakukannya. Jangan sampai rasa benci Anda malah menghilangkan rasa cinta Anda pada anak.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat