Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Keseruan Market Day SD Islam Plus Al-Haromain, Mulai Dari Kuliner Seribuan Tersajikan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 December 2021 15:00

Keseruan Market Day SD Islam Plus Al-Haromain, Mulai Dari Kuliner Seribuan Tersajikan

Reporter : Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Market day yang digelar di SD Islam Plus Al-Haromain disambut hangat oleh para warga sekolah. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, 20-21 Desember 2021 di halaman sekolah. 
 
Menariknya, konsep yang disajikan dalam market day yakni membentuk siswa menjadi pengusaha yang jujur dak kreatif. Tampak lapak-lapak berjajar di halaman sekolah, diisi aneka makanan dan minuman ringan yang telah disajikan oleh pelaku usaha cilik siswa SD Islam Plus. 
 
Kepala SD Islam Plus Al-Haromain, Muhammad Nasikin, mengatakan kegiatan semacam market day ini siswa tidak hanya belajar tentang uang ataupun mengenal hasil teknologi pangan. Tetapi yang utama tumbuhnya jiwa enterpreneurship dan memiliki semangat berusaha di kalangan siswa. 
 
"Tema yang kami sajikan ini sangat cocok dengan kegiatan market day, para pengusaha cilik ini bisa belajar menumbuhkan jiwa enterpreneur yang jujur dan kreatif," tegasnya. 
 
Menariknya, menu kuliner yang disajikan pada market day ini cukup bervariatif. Mulai dari martabak mini seharga Rp 2.000, aneka kue Rp 1.000, pizza mini Rp 2.000, sajian pisang coklat/piscok Rp 1.000, susu jely Rp 3.000 hingga gorengan dan nasi goreng yang dijual seharga Rp 3.000.
 
"Harganya kami tawarkan mulai seribuan, camilan maupun nasi bungkus dengan usaha orang tua dan anak didik. Sangat antusias sekali mereka," ucapnya. 
 
Pria yang menjabat sebagai Kepala SD Islam Plus Al-Haromain, berharap ke depannya kegiatan market day ini bisa semakin baik. Terutama untuk mengedukasi, anak didik tidak hanya  belajar mengelola keuangan. 
 
Tetapi ada sisi psikologis, seperti usaha dalam pengadaan barang, tantangan menjual, menerima keadaan yang sulit maupun senang. Terutama ketika barangnya belum terjual dan sudah terjual, untuk melatih toleransi. 
 
"Harapannya anak-anak tidak usah malu untuk berdagang, sebab berdagang merupakan salah satu cara untuk memperoleh rizki yang halal. Dan dalam dalam hadis di terangkan bahwa 9 dari 10 pintu rizki itu melalui perdagangan," pungkasnya. [liz/ito]


Tag : sd, islam, al haromain



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini