07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |   17:00 . Ada Makam di Tengah Hutan Temayang, Diduga untuk Ritual Pesugihan   |   15:00 . Iseng Main Game, Pria Kepohbaru Dapat Rp100 Juta, Kok Bisa?   |   14:00 . Pertamina Komit Jaga Ketahanan Energi Nasional dengan Optimalisasi Produksi   |   13:00 . Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya   |   10:00 . Diatas Rata-Rata Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 Tertinggi Se-Pulau Jawa   |   09:00 . KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan   |   08:00 . Forecasting Pendidikan di Bojonegoro Mampu Lompat Level Tinggi   |   07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |  
Tue, 09 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Relokasi Pasar Kota, DPRD Gelar Rapat Dengar dengan Pedagang

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 January 2022 20:00

Relokasi Pasar Kota, DPRD Gelar Rapat Dengar dengan Pedagang

 

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Puluhan pedagang mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, pada (6/1/2022) siang, di gedung paripurna, guna untuk menghadiri hearing terkait Relokasi Pasar Kota dan Pasar Banjarejo.

Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Priyanto menjelaskan  bahwa, Kepala Dinas Perdagangan belum pernah mensosialisasikan terkait perpindahan para pedagang Pasar Kota Bojonegoro ke Pasar Banjarejo dan pasar wisata ini juga akan memberikan ruang kepada pedagang-pedagang lesehan.

"Pedagang yang belum atau tidak mempunyai tempat di Pasar Kota Bojonegoro itulah yang akan diberikan kesempatan atau pengundian untuk menempati pasar wisata tersebut," ungkapnya.

Sukur menambahkan, Kepala Dinas Perdagangan diharapkan konsisten dengan apa yang disampaikan dalam forum terkait relokasi pasar tadi, bahwa tidak akan ada rencana perpindahan pasar kota ke pasar wisata.

"Dari hasil rapat dengan beberapa anggota DPRD, Kadindag dan Perwakilan pedagang, rata-rata mereka berpendapat bahwa yang akan dipindah itu merupakan manusia (pedagang), yang memiliki sejarah dalam pasar kota itu, tentu itu bukan hal mudah untuk memindahkan mereka begitu saja," katanya.

Pihaknya meminta untuk melakukan kajian ulang terkait pemindahan pedagang pasar kota. Dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengundang Dinas Cipta Karya dan Bapemperda, untuk melakukan kajian ulang terhadap rencana pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Pasalnya, memikirkan 1500 hingga 2000 pedagang yang menggantungkan hidupnya dan menghidupi keluarga nya dari hasil dagangannya itu lebih penting daripada membuat RTH, dan RTH itu tidak harus dibangun di pasar kota tersebut. Sebab masih bisa didirikan di tempat lain dan mencari tempat yang lebih baik.

"Karena kami sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD, tugas kita tidak hanya untuk membangun pasar saja, tetapi harus memikirkan ekonomi dari 1500 sampai 2000 pedagang yang menggantungkan hidupnya dari situ," ujarnya.

Harapannya, dari diskusi yang diselenggarakan pada hari ini diharapkan Bupati Bojonegoro dan Pihak-pihak lain yang berkompeten dalam hal ini, dapat mendengar keluh kesah para pedagang yang selama ini takut untuk dipindah dari tempatnya ke tempat yang baru.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Kota Bojonegoro, Mochammad Choiron mengatakan, dalam agenda rapat dengar pendapat pada hari ini, yang juga dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, dirasa belum membuahkan hasil yang memuaskan di mata para pedagang pasar kota.

"Menurut saya, terdapat banyak persoalan yang masih harus dibicarakan sampai tingkat dasar, Kami akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, khususnya Dinas Perdagangan Bojonegoro,” pungkasnya. [riz/lis]

 

Tag : Rapat, pedagang, relokasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat