19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sungai Mekuris Erosi, Rumah Warga Hampir Ambruk

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 January 2022 13:00

Sungai Mekuris Erosi, Rumah Warga Hampir Ambruk Rumah warga yang terancam longsor karena erosi Sungai Mekuris. (blok Bojonegoro.com/Misbahul)

 

Kontributor: Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Amblesnya tanah di samping Sungai Mekuris Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro kini semakin memprihatinkan.

Peristiwa longsor tersebut sudah terjadi sejak bulan Februari lalu, yang semakin parah sejak sebulan terakhir. Pasalnya curah hujan yang tinggi membuat aliran Sungai Mekuris meningkat dan sering banjir, alhasil membuat longsornya tanah semakin meluas hingga membuat separuh teras depan sebelah kiri menggantung dan nyaris ambruk.

Pemilik rumah Arbain menuturkan, longsornya tanah di sekitar pekarangan rumahnya semakin parah sejak Sungai Mekuris sering meluap dan membuat tanah di sekitarnya terus ambles.

"Saat banjir biasanya amblesnya sekitar satu jengkal sekitar 30 cm perlahan-lahan terus seperti itu sampai akhirnya bawah teras ini sudah menggantung," ungkapnya.

Ia mengaku sangat was-was, apalagi saat hujan deras turun terlebih saat malam hari. Bahkan ia tidak bisa tidur, dan sangat khawatir bila sewaktu - waktu rumahnya ambruk karena tanah terus saja longsor.

"Untuk sementara waktu ini saya beri kayu penyangga pondasi teras yang menggantung, kemarin pernah beli batu pedel 3 dam truk juga sudah ambles, kemudian saya buat semacam pondasi dari batu pedel yang masukan ke dalam karung dan saya susun sebagai pijakan kayu yang menyangga pondasi teras," jelasnya.

Lanjut Arbain, beberapa waktu yang lalu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) datang untuk melihat kondisi longsor dan katanya akan di pasang bronjong penahan tanah.

"Katanya Januari ini akan dipasang bronjong oleh BBWS sebagai penahan tanah, mudah - mudahan secepatnya bisa segera dibangun, agar tanah ini tidak terus - terusan longsor, tidak khawatir rumah ini ambruk," pungkasnya. [mis/lis]

 

 

Tag : Tanah, longsor, sungai



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat