17:00 . Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing   |   15:00 . 4 Bulan Mangkir Tugas, Pemdes Semawot Tindak Tegas Perangkatnya   |   14:00 . Setelah Cabai, Giliran Harga Tomat Naik   |   13:00 . Izin Renang di Sungai, Seorang Anak Diduga Tenggelam di Purwosari   |   12:00 . Sebelum Diringkus, Kades Kapas Sempat Buat Video Pamer Lencana   |   11:00 . 16.541┬áTitik Lampu PJU Terpasang di Sudut Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Sambang Warga Transmigrasi Asal Bojonegoro di Papua   |   09:00 . Bojonegoro Masuk SIAK Terpusat, Begini Bocoran KTP Digital   |   08:00 . Alumni Pesantren Tebuireng di Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   07:00 . Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai Orangtua Terkait Masalah Speech Delay atau Terlambat Bicara Pada Anak   |   18:00 . Apresiasi Pembangunan Jalan Desa, Budiono Pastikan Manfaat Bagi Warga   |   16:00 . Urai Kemacetan, Pemkab Bojonegoro Bakal Bangun Jalan Layang   |   15:00 . Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup Jatim, Kepercayaan Diri Jadi Kunci Utama   |   13:00 . ASANU Minta Pemerintah Perkuat BTN Syariah   |   12:00 . Belum Jelas, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Zona 12 Tanam Ribuan Bibit Pohon untuk Kelestarian Lingkungan

blokbojonegoro.com | Sunday, 02 January 2022 11:00

 

Reporter: Rizky Nur Diansyah

blokbojonegoro.com - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina melaksanakan program pengembangan masyarakat (PPM) yang menekankan pada kelestarian lingkungan. 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk aksi tanam pohon di sekitar wilayah operasi perusahaan sebagai wujud dari komitmen PEPC akan lingkungan yang berkelanjutan. Demikian dikatakan oleh JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo di sela-sela kegiatan tersebut di Desa Bandungrejo, Ngasem Bojonegoro Jawa Timur pada Jumat (31/12/2021)

Edy menambahkan, kegiatan aksi tanam pohon ini sengaja dikemas dengan melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak, hal ini merupakan salah satu bukti bahwa PEPC sangat mendukung pelaksanaan dari kebijakan environmental, social, governance (ESG) melalui kegiatan PPM nya. 

Selaini itu kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembalian lahan kritis agar tidak mengalami erosi dan juga sebagai usaha konservasi mata air. “Program pengembangan masyarakat kami selain di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan juga selalu memperhatikan aspek lingkungan,” jelasnya.

Kegiatan aksi tanam pohon bersama ini merupakan komitmen perusahaan untuk pelestarian lingkungan melalui penanaman 3.700 pohon penghijauan di area ruang terbuka hijau. Selain itu juga di daerah aliran sungai, lahan kritis, dan bahu jalan poros desa di sekitar Proyek JTB. 

Dalam kegiatan kali ini PEPC menanam sebanyak 2000 bibit akar wangi, yaitu tanaman sejenis rumput dengan nama latin Chrysophogon Zizanoides yang dikenal handal dalam menahan erosi, 1700 pohon tegakan atau pohon keras yang terdiri dari pohon tabebuya, pohon beringin, pohon jambu air, kelengkeng, dan ketepeng kencana. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Adm. KPH Bojonegoro Irawan yang turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini menyampaikan rasa syukurnya lantaran dapat berkumpul di tengah-tengah para forester untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang sangat positif bagi kelestarian lingkungan. “Apresiasi kami sampaikan kepada PEPC yang telah terus menerus menjalankan program-program kemasyarakatan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan dan kawasan hutan. Semoga melalui upaya-upaya yang kita lakukan bersama termasuk penanaman pohon pada pagi ini kelak kita dapat mewariskan alam yang tetap lestari bagi generasi yang akan datang," ungkap Irawan.

Adapun lokasi penanaman ini tersebar di beberapa titik wilayah Bandungrejo dengan bibit akar wangi ditanam pada lokasi yang memiliki kerawanan erosi, sementara untuk pohon tegakan selain di beberapa wilayah yang memiliki potensi kekeringan juga ditanam di berbagai sisi jalan desa guna mengningkatkan nilai estetika lingkungan sekitar. Kegiatan aksi tanam pohon PEPC 2021 ini diikuti oleh ratusan sukarelawan dari beberapa LSM setempat yang selama ini telah bermitra dengan PEPC dalam pelaksanaan PPM nya. Selain itu turut berpartisipasi juga KPH Bojonegoro, BKPH Clangap, Muspika Kecamatan Ngasem dan Pemdes Bandungrejo serta tokoh masyarakat. [lis]

Tag : Kelestarian, Pepc, jtb



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 27 May 2022 17:00

    Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing

    Prodi PGMI Selenggarakan Workshop Akademik Writing Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyelenggarakan Workshop Akademik Writing untuk membekali mahasiswa PGMI terkait kepenulisan, kegiatan ini digelar di Gedung PCNU Bojonegoro pada Jumat, (27/05/2022)....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat