21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Menuju Kabupaten ODF

9 Kecamatan di Bojonegoro Dilakukan Verlap ODF

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 February 2022 20:00

9 Kecamatan di Bojonegoro Dilakukan Verlap ODF

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Setelah kemarin melakukan rapat dengan Bupati Bojonegoro, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro dan beberapa OPD Terkait serta seluruh Puskesmas Se-Bojonegoro, Selasa (9/2/2022) tim verifikasi Open Defecation Free (ODF) dari Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi sampel ke beberapa titik di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Ani Pujiningrum mengatakan secara internal sebanyak 430 Desa di Bojonegoro ini sudah dinyatakan ODF. Namun, yang melakukan verifikasi hanya dari internal.

Kemudian, untuk menyatakan Bojonegoro menjadi Kabupaten yang ODF, hari ini tim ODF Jatim melakukan verifikasi sampel di Lapangan. Verifikasi sampel sendiri dilakukan di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

"Setiap kecamatan yang akan di jadikan sampel, di ambil 2 desa, dalam setiap 1 desa akan di ambil 25 kepala keluarga yang kemudian di tinjau secara langsung oleh petugas ODF jawa timur untuk di lihat jambannya," ungkapnya.

Adapun 9 kecamatan yang dilakukan verlap adalah Kedewan, Kapas, Sukosewu, Balen, Sumberejo, Kanor, dan Baureno. Dari 9 Kecamatan itu kemarin setelah hasil random atau dengan menggunakan kocokan. Kemudian, diseleksi untuk wilayah yang memiliki klaster perkotaan, hutan, wilayah daerah aliran sungai dan dataran rendah.

Ani menambahkan, Pengambilan sampel lapangan secara langsung itu bertujuan untuk memverifikasi ulang data yang sudah di verifikasi sebelumnya oleh Kelurahan, Puskesmas, Dinas Kesehatan untuk Bojonegoro menuju kabupaten ODF.

Terpisah dr. Koen Irianto Uripan, salah satu petugas verifikasi ODF Jawa Timur mengatakan, hari ini kabupaten bojonegoro mengajukan diri untuk menjadi kabupaten yang tidak ada orang buang air besar sembarangan. kedatangan tim petugas ODF Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro guna memverifikasi ulang secara langsung di lapangan.

"Di tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk mendukung percepatan menuju Kabupaten ODF, sudah memberikan bantuan pembangun jamban sebanyak 7634 jamban kepada masyarakat bojonergoro. Sementara itu, 430 desa di Kabupaten Bojonegoro sudah ODF berdasarkan internal penilaian Kabupaten Bojonegoro," katanya.

Pihaknya menegaskan bahwa jika sebuah Daerah sudah dilakukan verifikasi ODF, maka tantangannya adalah masyarakat tersebut jangan sampai kembali ke kebiasaan yang lama lagi, jadi mereka harus membuang air besar pada tempatnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Bojonegoro, agar tetap hidup sehat dan jangan kembali ke kebiasaan lama lagi, seperti membuang air besar sembarangan. Saya berharap masyarakat bisa menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat, karena bersih dan sehat merupakan tangkal dari berbagai penyakit," pungkasnya. [riz/ito]

 

Tag : verlap, kecamatan, odf, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat