14:00 . Pencarian Hari Keempat Terkendala Cuaca dan Debit Sungai   |   12:00 . Gemerlap Thamrin Bojonegoro, 75 Personil Dishub Dikerahkan   |   11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |   08:00 . Puncak Cap Gomeh, Pemkab Bojonegoro Gelar Parade Lampion dan Barongsai   |   17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |  
Sat, 04 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Menuju Kabupaten ODF

9 Kecamatan di Bojonegoro Dilakukan Verlap ODF

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 February 2022 20:00

9 Kecamatan di Bojonegoro Dilakukan Verlap ODF

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Setelah kemarin melakukan rapat dengan Bupati Bojonegoro, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro dan beberapa OPD Terkait serta seluruh Puskesmas Se-Bojonegoro, Selasa (9/2/2022) tim verifikasi Open Defecation Free (ODF) dari Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi sampel ke beberapa titik di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Ani Pujiningrum mengatakan secara internal sebanyak 430 Desa di Bojonegoro ini sudah dinyatakan ODF. Namun, yang melakukan verifikasi hanya dari internal.

Kemudian, untuk menyatakan Bojonegoro menjadi Kabupaten yang ODF, hari ini tim ODF Jatim melakukan verifikasi sampel di Lapangan. Verifikasi sampel sendiri dilakukan di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

"Setiap kecamatan yang akan di jadikan sampel, di ambil 2 desa, dalam setiap 1 desa akan di ambil 25 kepala keluarga yang kemudian di tinjau secara langsung oleh petugas ODF jawa timur untuk di lihat jambannya," ungkapnya.

Adapun 9 kecamatan yang dilakukan verlap adalah Kedewan, Kapas, Sukosewu, Balen, Sumberejo, Kanor, dan Baureno. Dari 9 Kecamatan itu kemarin setelah hasil random atau dengan menggunakan kocokan. Kemudian, diseleksi untuk wilayah yang memiliki klaster perkotaan, hutan, wilayah daerah aliran sungai dan dataran rendah.

Ani menambahkan, Pengambilan sampel lapangan secara langsung itu bertujuan untuk memverifikasi ulang data yang sudah di verifikasi sebelumnya oleh Kelurahan, Puskesmas, Dinas Kesehatan untuk Bojonegoro menuju kabupaten ODF.

Terpisah dr. Koen Irianto Uripan, salah satu petugas verifikasi ODF Jawa Timur mengatakan, hari ini kabupaten bojonegoro mengajukan diri untuk menjadi kabupaten yang tidak ada orang buang air besar sembarangan. kedatangan tim petugas ODF Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro guna memverifikasi ulang secara langsung di lapangan.

"Di tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk mendukung percepatan menuju Kabupaten ODF, sudah memberikan bantuan pembangun jamban sebanyak 7634 jamban kepada masyarakat bojonergoro. Sementara itu, 430 desa di Kabupaten Bojonegoro sudah ODF berdasarkan internal penilaian Kabupaten Bojonegoro," katanya.

Pihaknya menegaskan bahwa jika sebuah Daerah sudah dilakukan verifikasi ODF, maka tantangannya adalah masyarakat tersebut jangan sampai kembali ke kebiasaan yang lama lagi, jadi mereka harus membuang air besar pada tempatnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Bojonegoro, agar tetap hidup sehat dan jangan kembali ke kebiasaan lama lagi, seperti membuang air besar sembarangan. Saya berharap masyarakat bisa menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat, karena bersih dan sehat merupakan tangkal dari berbagai penyakit," pungkasnya. [riz/ito]

 

Tag : verlap, kecamatan, odf, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more