18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |   19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kembangkan Potensi, Pemdes Kalangan Ciptakan Berbagai Olahan Jambu Merah

blokbojonegoro.com | Friday, 18 March 2022 17:00

Kembangkan Potensi, Pemdes Kalangan Ciptakan Berbagai Olahan Jambu Merah Olahan berbagai makanan-minuman dari Jambu Merah. (Lizza/blokbojonegoro)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Selain sebagai wilayah tempat tinggal suku khas Bojonegoro, Suku Samin, Kecamatan Margomulyo yang berada di wilayah perbatasan Bojonegoro dan Ngawi juga menyimpan potensi alam yang indah nan subur. 

Hal inilah kemudian dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Kalangan, untuk berinisiatif menanam pohon jambu merah di lahan seluas 44 hektare yang berada di sekitar areal KPS Perhutani wilayah Kabupaten Ngawi. 

"Tahun 2015 mulai menanam sebanyak 16.400 populasi jambu merah. Sebenarnya sudah mulai berbuah sejak tahun 2018, karena belum ada pasaran yang pasti ketika panen dan petani masih enggan merawat. Kemudian berhenti sejenak," ungkap Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti.

Terus berinovasi dan berbenah

3 Tahun berlalu, tepat di tahun 2022. Pemdes Kalangan berupaya mengalokasikan anggaran untuk subsidi perawatan jambu dan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

Selain perawatan jambu merah, Pemdes Kalangan juga mengajak para Kader PKK desa maupun kawula muda untuk terus pro aktif mengembangkan potensi desanya. Termasuk mengikuti pelatihan pembuatan olahan jambu merah, yang dirasa memiliki nilai jual lebih. 

"Justru dengan adanya potensi jambu ini. Kami mulai mengarahkan PPK dan kawula muda Desa Kalangan untuk mengolah jambu menjadi olahan bentuk makanan dan minuman," tutur Camat Margomulyo.

Olahan buah jambu menjadi beragam makanan dan minuman bernilai jual tinggi

Selain dikenal memiliki rasa yang cenderung manis dan asam, serta warna yang cantik. Jambu merah juga memiliki beragam khasiat. Diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin K dan vitamin E. Kaya akan mineral seperti selenium, zinc maupun mangan.

Hingga beragam manfaat bagi kesehatan. Termasuk melawan radikal bebas, melancarkan saluran pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah maupun kolesterol.

Kemudian munculah ide produksi mamin khas Desa kalangan, yakni berasal dari olahan buah jambu merah. Berupa jus buah, puding hingga es krim jambu merah.

"Karena masih tahap pengenalan, setiap pertemuan di desa/kecamatan. Olahan buah jambu merah menjadi suguhan wajib bagi para tamu yang hadir. Ada jus buah, es krim hingga puding jambu merah karena memang jarang ditemui, Selain itu rasanya juga sangat lezat," ucapnya.

Meski baru dalam tahap pengenalan, pihaknya tak berputus asa. Dan terus berupaya melebarkan saya produksi olahan mamin dari bahan baku jambu merah. Termasuk pemasaran di beberapa ritel modern serta pabrik.

"Kedepannya kami ingin produk lokal ini bisa ditemukan di ritel modern maupun pabrik di beberapa daerah. Dengan harapan olahan khas desa kalangan ini bisa dikenal oleh masyarakat luas," harapnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : Jambu, olahan, jembatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat