Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tidak Fokus Saat Bekerja? Bisa Jadi Anda Mengalami Masalah Ini

blokbojonegoro.com | Sunday, 27 March 2022 07:00

Tidak Fokus Saat Bekerja? Bisa Jadi Anda Mengalami Masalah Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Apakah Anda pernah mengalami perasan tidak fokus saat bekerja dan selalu melamun sepanjang hari? Jika iya, Anda bisa saja mengalami masalah serius. Masalah ini tentu tidak hanya berdampak bagi produktivitas, tetapi juga kondisi mental.

Tidak fokus dan melamun sepanjang hari bisa disebabkan karena banyak alasan, salah satunya ada sesuatu yang berkecamuk di kepala. Tidak hanya itu, tidak fokus selama bekerja juga terjadi karena adanya faktor kebosanan.

“Kebosanan adalah pengalaman universal. Kita semua pernah merasakannya di beberapa titik. Tapi, tidak pernah satu hari pun kami atau orang lain tidak mengatakan ‘Saya bosan’,” ungkap Psikiater terkenal Dr. Rahul Khemani, melansir dari HealthShots.

Ia menambahkan, “Tapi, kebosanan sebenarnya memiliki arti yang lebih dalam. Lebih dari segudang perasaan dan emosi yang kompleks. Penyebab paling umum dari gangguan adalah tidak melakukan apa-apa atau bermalas-malasan,” tambahnya.

Berikut beberapa alasan utama Anda mengalami gangguan kurang fokus selama bekerja. Simak berikut ini!

- Memiliki masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, disleksia, attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), dan lain-lain.

- Terlalu banyak menunda-nunda pekerjaan secara emosional. Anda biasanya merasa terganggu, bahkan terkuras secara emosional sehingga membiarkannya menumpuk.

- Tidak merasa cukup tertantang atau merasa terlalu monoton, sehingga ini membentuk siklus perilaku yang berulang.

- Terjebak dalam lingkaran tenggat waktu yang konstan, dan tidak pernah berakhir tanpa jeda, sehingga mengarah pada gangguan dan frustasi.

- Ketika tidak bisa fokus, ini disebabkan karena berkurangnya rentang perhatian dalam kondisi, seperti attention deficit disorder alias ADHD.

- Tidak memiliki motivasi yang cukup saat diberikan tugas, bahkan tidak cukup memuaskan.

- Alasan besar lainnya dibalik gangguan ini adalah multi-tasking. Jika Anda melakukan terlalu banyak hal sekaligus, kemungkinan besar Anda tidak akan fokus pada satu hal, terutama mental Anda. Efeknya, Anda merasa kewalahan sepanjang waktu.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, kerja , pekerjaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini