20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |   07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Muhammadiyah Pastikan 1 Syawal Jatuh Pada 2 Mei 2022

blokbojonegoro.com | Friday, 29 April 2022 18:00

Muhammadiyah Pastikan 1 Syawal Jatuh Pada 2 Mei 2022

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Jika pemerintah dan Nahdhatul Ulama (NU) belum memastikan kapan 1 Syawal, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.

Untuk itu PD Muhammadiyah Bojonegoro menginstruksikan kepada Pimpinan Cabang, ranting dan seluruh takmir Masjid Muhammadiyah Bojonegoro, anggota, warga dan simpatisan Muhammadiya menyiapkan pelaksanaan salat Idul Fitri di tanah lapang. 

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bojonegoro Bidang Kebijakan Publik, Sholikin Jamik mengatakan, sesuai surat edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hari Raya Idul Fitri 2022 atau 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin (2/05/2022) mendatang.

Karena pada waktu matahari tenggelam pada Hari Ahad (01/05/2022), hilal sudah di atas ufuk. Maka menurut Muhammadiyah, dengan hilal sudah terwujud besuk nya sudah bisa memastikan Hari Raya Idul Fitri (hisab wujudul hilal). 

"Pemerintah dan Nahdatul Ulama (NU) masih menunggu ruhyatul hilal bil fi'li pada Ahad sore (01/05/2022). Serta dalam hitungan hisab, pada Hari Ahad tgl 1 Mei 2022. Saat matahari terbenam ketinggian hilal sudah di atas 4 derajat di atas ufuk," tegas Sholikin Jamik

Menurut ilmu hisab dan rukyah, bila bulan sudah minimal 3 derajat di atas ufuk maka sudah dapat dilihat dengan mata telanjang rukyat bil fi'li atau dengan melihat langsung. Sehingga Nahdhatul Ulama (NU) dan Pemerintah, kemungkinan besar Idul Fitri tahun 2022 sama seperti Muhammadiyah. 

"Kesimpulannya Muhammadiyah sudah pasti, Pemerintah dan Nahdatul Ulama masih menunggu rukyat. Menurut logika ilmu pengetahuan jika 4 derajat sudah dapat dilihat dengan mata telanjang. Maka kami dari Muhammadiyah meyakini kemungkinan besar Idul Fitri sama jatuh pada (02/05/2022)," paparnya. 

Sholikin Jamik juga mengimbau kepada warga Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Idul Fitri di tanah lapang pada tanggal 2 Mei mendatang. Dari mulai Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Ranting hingga Pimpinan Cabang secara tertib menggelar salat Idul Fitri.

"Namun, harus tetap menjaga protokol kesehatan karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sehingga mewajibkan menggunakan masker hingga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," pesannya. [liz/lis]

 

Tag : Lebaran, Muhammadiyah, syawal



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat