13:00 . Warga Mulai Antusias Daftar Pantarlih   |   12:00 . Bekerja 38 Hari, Inilah Jadwal Pembentukan Pantarlih   |   11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tradisi Malam Sanga Akulturasi Islam dan Budaya Jawa

blokbojonegoro.com | Friday, 29 April 2022 08:00

Tradisi Malam Sanga Akulturasi Islam dan Budaya Jawa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sekilas bahwa malam kedua puluh sembilan ramadan atau dikenal Malam Sanga merupakan tradisi islam kejawen. Yaitu islam dengan tradisi Jawa yang sangat erat menyatu.

Menurut Budayawan asal Bojonegoro, Suyanto atau lebih dikenal Pakde Yanto Munyuk, malam sanga sebenarnya adalah MALAM SANGALIKUR yaitu malam ganjil terakhir diantara malem selikur (malam 1) yaitu malam ganjil pertama, malem telulikur (malam 3) malam selawe (malam 5) kemudian malem pitulikur (malam 7).

"Semua malam ganjil setelah puasa dapat 20 hari, diyakini dan dijanjikan oleh Allah SWT adalah malam turunnya Lailatul Qodar dan ini baku di ayat suci Al Qur'an," ungkap Suyanto.

Namun tradisi seperti ini memang berbeda dengan di Arab atau Negara Islam lainvnya. Uniknya di Jawa, tidak hanya tadarusnya saja, namun dengan selamatan (bancakan) berupa tasyakuran dan jemput Lailatul Qodar.

"Di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bojonegoro, saat malam sanga tiba, adapula tradisi colok-colok dengan obor (berupa lampu minyak), sebagai simbol menjemput para arwah leluhur yang akan pulang ke rumah (tilik keluarga)," ujarnya.

Dari situlah karena ada doa saat selamatan atau bancakan tadi, dalam tradisi jawa dahulu, pasti ahli waris memberikan sesaji kepada ahli kubur di rumah masing-masing.

Dahulu sesaji berupa kue apem, pisang, bunga telon (mawar, kenanga, kantil/gading), ada juga kopi segelas beserta sirih, gambir, apu, tembakau hingga lampu senthir/teplok bagian dari colok colok).

"Sesaji yang turun-temurun ini sudah punah. Hampir tidak ada, kecuali dalam keluarga tersebut masih ada orang tua yang setia melaksanakan adat tersebut. Itupun pasti akan punah karena sudah beda konsep dalam tradisi, bahkan dinilai syirik atau dianggap masih animisme," paparnya.

Masih menurut Suyanto, menariknya saat malam sanga tiba, di Kabupaten Bojonegoro sebagian masyarakat juga meyakinkan tradisi melangsugkan akad nikah saat malam sanga dengan harapan mendapatkan berkah Lailatul Qodar.

Selain itu, malam ganjil di bulan ramadan juga dianggap sebagai hari yang baik, maka tradisi memilih hari pernikahan yang biasa dilakukan dengan PETUNG JAWA, yang umumnya tetep dilakukan dan ketika NGEBO BINGUNG memilih malam sanga.

"Pilihan tersebut dianggap hari baik, itulah luwesnya orang Jawa, menerima aturan agama yang ada di Jawa ini. Ngebo Bingung alias Norok Bontek, menganggap malam sanga juga sebagai hari baik," tutup Budayawan asal Bojonegoro. [liz/mu]

Tag : Tradisi jawa, ramadhan 2022



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more