19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |   13:00 . HUT Kemerdekaan RI, Buah Lokal Bojonegoro Dipamerkan di Gedung Grahadi   |   12:00 . 15 Pemain Lolos Seleksi Persibo, Hanya Empat Pemain Lokal   |   09:00 . Mengisi Kemerdekaan   |   09:00 . 262 WBP Dapat Remisi Kemerdekaan, 2 Langsung Bebas   |   22:00 . Semarak Kemerdekaan, KKN-T Unigoro Adakan Pemeran UMKM   |   21:00 . Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan   |   20:00 . Penuh Tantangan, Jambore Cabang XII Bojonegoro Berakhir Membanggakan   |   17:00 . Macet, Buka dan Tutup Jalan Nasional   |   16:00 . Proyek JTB Berhasil Lakukan Proses Gas-In   |   15:00 . Harga Makin Tinggi, Cabai Lompong Dijual Rp80.000 per Kilogram   |  
Wed, 17 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar

blokbojonegoro.com | Friday, 20 May 2022 18:00

Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Penerapan kurikulum merdeka akan segera terealisasi. Dari 47 guru yang mengikuti seleksi, sebanyak 38 guru di Kabupaten Bojonegoro dinyatakan lulus sebagai guru pengajar praktik.

Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Fathur Rohim menjelaskan, kurikulum merdeka merupakan proses percepatan pembelajaran yang sempat hilang akibat Covid-19. Namun dari segi isi kurikulum tetap sama, hanya prosesnya berpusat pada siswa.

"Prosesnya sekarang siswa center, pembelajaran berpusat pada siswa. Tidak lagi pada guru, dulu kebanyakan guru menjadi pusat pembelajaran. Saat ini siswa lebih ke arah pembentukan karakter, keterampilan dan kognitif. Sehingga lebih banyak ke arah penelitian," papar Fathur Rohim.

Perlu diketahui, Kabupaten Bojonegoro merupakan angkatan ke-5 secara Nasional. Prosesnya dimulai sejak bulan Februari, dan proses pendaftaran sebagai sekolah penggerak kurikulum merdeka dimulai bulan Maret.

Berdasarkan SK sekolah pelaksana kurikulum merdeka Nomor 025/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap pertama. "Dalam implementasinya, ada tiga jenis pelaksanaan kurikulum merdeka. Di antaranya mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi," tutur Kabid Pendidikan Dasar.

Di Bojonegoro, untuk sekolah penggerak sendiri sedang dalam tahap seleksi. Namun, setelah pelaksanaan ditentukan oleh Kementerian. Sebisa mungkin sekolah juga dapat menentukan sendiri, dengan mekanisme tetap dilaporkan kepada Kementerian tersebut.

"Sosialisasi/imbauan sudah disampaikan kepada kepala sekolah sebagai sekolah penggerak. Begitu juga kepada guru, sebab selain sekolah penggerak ada juga guru penggerak. Guru pengajar praktik saat ini masih tahap diklat, ini bersifat sukarela namun tetap ada seleksi dari pusat," jelasnya.

Sementara itu, disinggung terkait pendidikan karakter. Hal ini tentu menjadi salah satu pendukung selain mengarah pada keterampilan dan kognitif. Nantinya, pendidikan karakter mengarah pada profil pelajar pancasila dengan istilah NKRI GO. Yaitu kepanjangan dari nasionalisme, kemandirian, religius, integritas dan gotong royong.

"Pelaksanaan dari pendidikan karakter terintegrasi di masing-masing pembelajarannya dan tetap siswa menjadi pusat pembelajarannya," tutup Fathur Rohim. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Guru, merdeka, belajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat