15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebutuhan Energi Global Tinggi, Mensesneg Apresiasi Proyek Gas JTB

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 August 2022 08:00

Kebutuhan Energi Global Tinggi, Mensesneg Apresiasi Proyek Gas JTB

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Wakil Menteri BUMN 1 Pahala Mansury melakukan kunjungan kerja ke lokasi Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Senin (29/8/2022) kemarin. Kunjungan ini untuk melihat perkembangan dari proyek yang akan menjadi salah satu penghasil gas terbesar di Indonesia.
 
Mensesneg dan Wamen 1 BUMN mengikuti paparan perihal status proyek yang saat ini tengah dalam proses gas-in. Paparan materi disampaikan oleh Pjs. General Manager Gas Project JTB Ruby Mulyawan. Tak hanya memberikan pemaparan terkait teknis proyek, namun Ruby juga menyampaikan berbagai program pengembangan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh PEPC di sekitar Bojonegoro.

Selain itu, disampaikan pula status HSSE performance hingga Agustus 2022 di mana JTB telah mencatatkan jam kerja selamat lebih dari 58 juta jam. Ketika menjawab pertanyaan terkait gas JTB, Mensesneg menerangkan bahwa dalam skala global saat ini terjadi kebutuhan energi yang cukup besar, salah satunya karena dampak dari perang ukraina dan lainnya. Kebutuhan gas domestik juga meningkat luar biasa sejalan dengan kebijakan Presiden untuk industrialisasi dan hilirisasi.

"Itu artinya kita harus memproduksi gas secara besar, terlebih gas memiliki emisi yang lebih rendah dibandingkan energi fosil lainnya," ungkapnya.
 
Pratikno menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini,  pada Pertamina dan anak perusahaan nya, BUMN, dan SKK Migas yang telah bekerja keras untuk mempercepat produksi ini.

"Ini akan mendukung kebijakan nasional kita dalam suplai energi yang emisinya lebih rendah," tambahnya.


Wamen BUMN 1 Pahala Mansury mengharapkan Gas on Stream  (GoS) dari JTB nanti dapat berjalan lancar setiap tahapnya. Rencananya, GoS akan dilaksanakan 20 persen dari total produksi. Pahala juga mengharapkan fasilitas yang lain dapat selesai, sehingga bisa naik di angka 40 persen dan selanjutnya di November nanti bisa mencapai angka penuh 100 persen.

"Kita dari Kementerian BUMN tentunya selalu mengawal semua pihak yang terlibat, baik itu dari internal BUMN sendiri seperti PT Rekayasa Industri (Rekind) yang merupakan EPC di proyek ini untuk bisa berkoordinasi dengan baik bersama para vendor lain dan memastikan proses GoS bisa berjalan dengan lancar dan aman," paparnya.
 
Menurutnya, proyek JTB ini strategis bukan hanya pada sektor energi. Namun juga untuk sektor pangan juga memiliki peran strategis seperti pupuk.

Ditambahkannya lagi, jumlah industri di Pulau Jawa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Khususnya dengan pengembangan kawasan industri di jalur utara pulau Jawa. Terlebih, saat ini pipa Gresik - Semarang (Gresem) juga sudah siap.

"Project JTB ini sangat strategis bagi pengembangan kawasan industri di Pulau Jawa ini," lengkapnya.

Rencananya Proyek JTB yang dioperatori oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina ini dalam waktu dekat akan melakukan Gas on Stream (GoS) yang merupakan tonggak penting menuju fase produksi bagi JTB yang juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor energi.
 
Pada kunjungan kali ini, Mensesneg dan Wamen BUMN 1 juga menyempatkan untuk menyerahkan secara simbolis beberapa program pengembangan masyarakat (PPM) yang telah dilaksanakan oleh PEPC JTB. Padan kesempatan ini juga dihadiri perwakilan dari Ademos, IDFoS dan Paratazkia yang menerima program sebagai mitra pelaksana maupun mitra pendamping.
 
Ademos merupakan mitra pelaksana program pengurangan jejak emisi karbon, sementara IDFoS Indonesia sebagai pendamping program agrosilvopastura berbasis kawasan hutan bersama masyarakat, dan Yayasan Paratazkia sebagai pendamping program Desa Siaga Emergency Kebencanaan atau Desaem.
 
Proyek JTB selama pengerjaannya secara keseluruhan telah menyerap hampir 5 ribu tenaga kerja lokal. Puncak tertinggi penyerapan tersebut terjadi pada bulan April 2021 lalu. Kini, seiring dengan menurunnya jumlah pekerjaan di proyek, secara bertahap kebutuhan naker juga mulai berkurang.
 
Proyek gas JTB ini akan memproduksi sales gas sebesar 192 MMSCFD yang akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan gas di kawasan Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Gas JTB ini juga sebagai salah satu pengejawantahan strategi dari Pertamina untuk menunjang program transisi energi dalam bentuk komersialisasi gas sebagai energi baru. [feb/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : migas bojonegoro, energi, gas bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat