15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   15:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |   13:00 . Viral disosmed, Gadis Diduga Ibu Bayi di Sumberarum, Polisi: Kami Masih Menyelidiki   |   12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seniman di Bojonegoro Mulai Kebanjiran Orderan Pembuatan Properti Karnaval

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 August 2022 14:00

Seniman di Bojonegoro Mulai Kebanjiran Orderan Pembuatan Properti Karnaval

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Properti karnaval dengan beragam bentuk maupun corak kerap dihadirkan untuk memeriahkan momen Agustusan. Momen inilah dimanfaatkan para perajin properti Karnaval asal Kelurahan Karangpacar, Bojonegoro. Seperti halnya Pujianto, memanfaatkan bakat seninya untuk membuat usaha properti karnaval hingga barongsai.

Dari usaha musiman ini, ia mampu meraup omzet hingg puluhan juta rupiah. Yanto sapaan karibnya mengaku, keahlian membuat properti karnaval ini didapat secara otodidak.

"Satu set properti tema sesuai permintaan bisa sampai Rp 20 juta, kalau cuma properti saja yang besar Rp 8 juta. Barongsai beda lagi sekitar Rp 2 sampai 6 juta. Semua tergantung tingkat kerumitan," ungkap Pujianto ditemui di kediamannya di RT 19, Karangpacar.

Keahliannya dalam membuat properti selama 9 tahun rupanya tak perlu diragukan lagi. Hanya untuk membuat rangka properti, ia cukup membutuhkan waktu sekitar 2 hari dan sampai tahap finishing memakan waktu 4-5 hari. Dan dibantu sebanyak 8-9 orang saat mengerjakan.

"Pembuatan tergantung cuaca, kalau panas ya cepat jadi. Yang lama pengecatan, lebih lama pengerjaan barongsai rumit kerangkanya kecil-kecil dan menggunakan bulu domba/sintetis," tambahnya.

Senada juga dialami perajin properti karnaval lainnya, Dwi Mei Yanto (47) warga RT 12, RW 03 Patung Dukuh Ngroworejo, Kelurahan Ngrowo/Bojonegoro, menurut dia dengan adanya karnaval di Kabupaten Bojonegoro. Tentu menjadi berkah tersendiri bagi perajin musiman.

"Pemesanan tahun ini banyak dari sekolah SD, karena yang SMP/SMA kebanyakan dikerjakan murid dan guru. Tahun ini dapat pesanan 6 SD dan 1 SMA," sambung penggagas Pasar Keroncong Ngrowo.

Lanjut Mas Yanto sapaan akrabnya, untuk pemesanan dari sekolah sendiri rerata memesan 2 hingga 4 gerobak yang akan di hias untuk keperluan karnaval. Dengan harga bervariasi tergantung segi kerumitan.

"Bahannya yang diperoleh juga mahal apalagi kalau mendekati hari H. Karena dari dinas terkait pemberitahuannya terlalu dekat, persiapan kurang maksimal dan kekurangan tenaga bantu," pungkasnya. [liz/ito]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : properti, karnaval, bojonegoro, karangpacar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat