17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |   07:00 . CSR BRI Peduli Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Malinau   |   20:00 . Peternak Berburu Janggel Jagung Saat Panen Raya   |   19:00 . Petani Jagung NK Wiro Sableng Bungah   |   18:00 . Mampir ke Kantor Kemenag, Wamenag RI Hanya Sholat dan Silaturahmi   |   14:00 . Waspada Hoaks Mengatasnamakan Nomor PJ Bupati Bojonegoro   |   13:00 . Segini Harta Kekayaan Petinggi Kemenkeu yang Jabat Pj Bupati Bojonegoro   |   22:00 . Isi Kekosongan 3 Jabatan, Pemdes Ngampel Gelar Tes Seleksi   |  
Wed, 27 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Sosialisasi 2 Program Pengembangan Masyarakat di Desa Kaliombo

blokbojonegoro.com | Wednesday, 24 August 2022 16:00

PEPC Sosialisasi 2 Program Pengembangan Masyarakat di Desa Kaliombo Perwakilan dari PEPC, Endra Mugi Rahayu sosialisasikan 2 program di Desa Kaliombo. (Foto: blokBojonegoro.com/Syfau)

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 JTB sosialisasikan 2 program di Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/8/2022).

Bertempat di Balai Desa Kaliombo, sosialisasi dihadiri Camat Purwosari, Kepala desa dan perangkat desa setempat, Karang Taruna, dan warga penerima manfaat. Selain itu turut hadir mitra program dari PEPC, yaitu Yayasan Sedulur Pena (YSP) Bojonegoro dan Institut Development of Society (IDFoS) Indonesia.

Perwakilan dari PEPC, Endra Mugi Rahayu menyampaikan bahwa ada 2 program yang dilaksanakan di Desa Kaliombo, yaitu Program Peningkatan Akses Jalan Lingkungan yang didampingi oleh YSP, dan Program Pengembangan Mata Pencaharian Masyarakat Melalui  Optimalisasi BUMDes yang didampingi oleh IDFoS.

"PEPC sebagai perusahaan industri hulu migas berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di sekitar daerah operasinya. melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Pengembangan unit usaha BUMDes dan Program peningkatan akses jalan lingkungan , PEPC berharap dapat berkontribusi dalam pembangunan Desa Kaliombo," kata Mugi.

Kepala Desa Kaliombo, Rohmad Edi Suyanto mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PEPC  melalui program-program yang dilaksanakan di Desa Kaliombo.

"Alhamdulillah adanya program ini sangat membantu warga kami. Karena jika hanya mengandalkan Dana Desa tidak mungkin bisa untuk mencukupi pembangunan di desa ini," ungkapnya.

Koordinator Program dari YSP, Parto Sasmito menyampaikan tentang program peningkatan akses jalan lingkungan, yang mana ada 2 jenis pembangunan di desa itu, yakni pembangunan tembok penahan tanah (TPT), dan peninggian jalan di  RT 11, RT 7, dan jalan akses menuju kandang ayam yang dikelola BUMDes

"Untuk tenaga kerja, dalam pelaksanaannya akan melibatkan warga lokal setempat sebagai bentuk pemberdayaan," kata Parto.


Koordinator Program dari YSP, Parto Sasmito menyampaikan tentang program peningkatan akses jalan lingkungan. (Foto: blokBojonegoro.com/Syfau)

Sementara itu, perwakilan IDFoS, Laily Mubarokah menyampaikan bahwa Program Pengembangan Mata Pencaharian Masyarakat Melalui Optimalisasi BUMDes melalui ayam petelur ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya. Selain pembangunan kandang, juga ada peningkatan produksi dari 1.000 bertambah 1.300 ekor ayam petelur.

"Adanya program ini, warga lebih mudah mendapatkan telur ayam dengan harga bersaing dan kualitas lebih baik," ulasnya.

Camat Purwosari, Dian Rokhmawati Ikhtiyorini mengapresiasi program yang diberikan PEPC di Desa Kaliombo. Peningkatan akses jalan lingkungan ini akan memperlancar mobilitas warga, sehingga selain nyaman untuk beraktifitas juga mendukung kegiatan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian warga setempat. Sedangkan pemberdayaan BUMDes melalui ayam petelur, dapat memberikan pemasukan untuk warga serta mencukupi kebutuhan telur warga di sekitar.

"Harapannya program ini terus ditingkatkan. Semoga dari program ayam petelur yang mampu mencukupi warga di sekitar desa ini lebih berkembang lagi ke depan dapat mencukupi kebutuhan Kabupaten," harapnya. [feb/ito]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : pepc, ysp, yayasan sedulur pena bojonegoro, program, kaliombo, purwosari, pertamina ep cepu, idfos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat