18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nilai AKHLAK Dasari PEPC dan Pemkab Bojonegoro Dalam Kolaborasi Program Air Bersih

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 September 2022 16:00

Nilai AKHLAK Dasari PEPC dan Pemkab Bojonegoro Dalam Kolaborasi Program Air Bersih

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki puncak musim kemarau, termasuk Kabupaten Bojonegoro yang selalu menjadi salah satu wilayah rawan kekeringan setiap kali memasuki musim kemarau.

Rawannya kekeringan pada musim kemarau menjadi salah satu pertimbangan bagi PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina dalam bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengatasi masalah tersebut. 

Kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk mencari solusi persoalan yang ada seperti kekeringan ini merupakan salah satu bentuk di tataran praktis atas nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal dan Kolaboratif (AKHLAK) yang dipegang insan PEPC sebagai salah satu entitas BUMN. 

Demikian dikatakan JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo saat memberi pengarahan pada sosialisasi dan rembug desa program pengembangan jaringan air bersih di kawasan Kalitidu, pada Kamis (1/9/2022) kemaein.

Dijelaskan Edy, daerah seperti Bojonegoro ini memang memiliki kekhasannya terkait musim. Beberapa wilayahnya mengalami kesulitan air bersih saat musim kemarau, namun begitu masuk penghujan beberapa titik justru mengalami banjir.

"Untuk itu, mari kita berkolaborasi antara pemerintah dan kami, dari pelaku industri agar saling membantu memecahkan situasi tersebut. Terlebih jika kita merujuk pada semangat kebersamaan, sejak dulu kita telah memiliki budaya gotong royong dalam melakukan sesuatu," ujar Edy yang juga menyempatkan penyampaian tata nilai AKHLAK pada kegiatan tersebut. 

Program pengembangan layanan dasar akses air bersih ini dilaksanakan PEPC bekerja sama dengan Bapeka dan LIMA2B selaku mitra pendamping program. Ditargetkan tidak kurang 4.445 meter jaringan primer pipa air bersih dan 2 unit sumur bor beserta installasi pompa listrik akan terbangun melalui program ini, dengan jumlah penerima manfaat tidak kurang dari 19.589 jiwa di 6 desa yang tersebar di 3 Kecamatan Ngasem, Tambakrejo, dan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Ngasem Iwan Sopian yang wilayahnya mendapatkan program tersebut. Mewakili warga yang mendapatkan manfaat, Iwan menyatakan akan terus mendukung program ini sehingga warganya dapat menerima manfaat dengan optimal.

"Terima kasih untuk PEPC yang memberikan program berkelanjutan untuk warga kami. Ini menjadi peluang bagi kami untuk mendapatkan air bersih dengan baik," ungkap Camat Ngasem.

Menurut Iwan, selama dua tahun terakhir, sekitar 70 persen anggaran yang masuk ke desanya digunakan untuk recovery pandemi seperti bantuan sosial, pangan dan PPKM dan sisanya digunakan untuk operasional pembangunan.

"Dengan adanya sinergi ini maka sangat membantu dalam membangun desa dan membantu untuk memenuhi kebutuhan dasar warga," lengkapnya lagi.

Dari semu itu, diharapkan program pengembangan jaringan air bersih ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga kebutuhan dasar utama terhadap air bersih dapat terpenuhi. [feb/ito].

 

Tag : Rembug desa, pepc, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat