Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 October 2022 08:00

Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Petani tembakau di wilayah Kabupaten Bojonegoro sudah mulai masuk masa panen. Harga jual tembakau rajang kering terbilang tinggi dibanding tahun lalu, harga tembakau tahun lumayan membaik.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Imam Nur Hamid Arifin menjelaskan, harga tembakau di Kabupaten Bojonegoro tahun ini naik. Rata-rata harga jual tembakau saat ini mencapai Rp35.000 hingga Rp37.000 per kilogram untuk tembakau rajangan kering.

"Harga tersebut untuk tembakau jenis virginia,  juga jenis jawa yang harganya bersaing cukup tinggi," ungkapnya.

Kenaikan harga tersebut salah satunya disebabkan karena tahun ini jumlah tanam berkurang dari tahun sebelumnya. Jumlah tanam tahun ini berkurang, yang sebagian disebabkan karena luas tanam berkurang akibat curah hujan.

Guna mendukung para petani tembakau, DKPP juga sudah memberikan bibit tembakau gratis pada 22 Mei lalu. Penyerahan dilakukan di area pembibitan tembakau virginia Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem.

"Kita siapkan sebanyak 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa. Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kilogram bibit yang bisa mencakup area 750 hektare, kurang lebih dapat dimanfaatkan lebih dari 1.000 petani," pungkasnya. [liz/mu]

 

 

 

Tag : tembakau bojonegoro, harga tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini