12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022: Patahkan Stigma dan Harus Jadi Prioritas

blokbojonegoro.com | Monday, 10 October 2022 07:00

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022: Patahkan Stigma dan Harus Jadi Prioritas

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini karena mental yang sehat akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Selain itu, jika mental diabaikan dan bermasalah, itu akan memengaruhi aktivitas dan produktivitas orang tersebut.

Apalagi di pandemi yang masih berlangsung saat ini, itu akan sangat memengaruhi kondisi mental seseorang. Oleh karena itu, kesehatan mental penting untuk dijaga secara baik. Pentingnya menjaga kesehatan mental ini lalu dibuatnya Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia ini untuk mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah berbagai masalah yang sedang terjadi saat ini. Selain itu, masyarakat diminta untuk menyuarakan pentingnya kesadaran menjaga kondisi mental.

Peringatan satu ini dirayakan setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Hari ini diresmikan sebagai pemersatu kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan mental.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022

Mengutip laman WHO, untuk tema Hari Kesehatan Mental 2022 yaitu “Make mental health & well-being for all a global priority”. Tema tersebut berfokus pada kesehatan mental yang menjadi prioritas global.

Dengan tema yang dibuat, WHO berharap masyarakat di berbagai negara mampu berfokus untuk menghadapi masalah-masalah terkait kesehatan mental. Pasalnya lebih dari 25 persen saat pandemi seseorang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Apalagi pada negara-negara berpenghasilan rendah masih sangat minim layanan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Selain itu, dengan adanya peringatan ini, diharapkan ada kesadaran bagi para pemangku kepentingan untuk memperhatikan kesejahteraan serta kesehatan mental sebagai prioritas utama.

Sejarah

Melansir laman resmi Hari Kesehatan Mental Sedunia (WMHD), Hari Kesehatan Mental Sedunia sendiri dibuat oleh Wakil Sekretaris Federasi Kesehatan Mental Dunia, Jenderal Richard Hunter pada 1992. Namun, saat itu peringatan tersebut belum memiliki tema khusus.

Namun, pada 1994, atas saran Sekretaris Jenderal Eugene Brody, dibuat tema pertama untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yaitu “Improving the Quality of Mental Health Services throughout the World”, yang berarti meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental seluruh dunia.

Setelah dibuat, pada tahun-tahun berikutnya selalu memiliki tema khusus yang berbeda-beda. Perayaan ini selain meningkatkan kesadaran, juga menjadi momen empati, bersatu, serta harapan untuk menciptakan perubahan tentang kesehatan mental.

*Sumber: suara.com

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat