20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |   07:00 . Pesmad Darul Fikri Gelar Haflatul Wada’   |   20:00 . Kronologi Laka Beruntun yang Sebabkan Sopir Innova di Bojonegoro Terjepit   |   19:00 . 6 Orang Pesta Miras, 2 Orang Meninggal   |   15:00 . Pemilik Cafe dan Penyedia Miras di Bojonegoro Terancam Penjara Seumur Hidup   |   14:00 . Buntut Petaka Miras, Pemilik Cafe dan Penyedia Miras Ditetapkan Tersangka   |   13:00 . Diduga Mengantuk, Minibus Tabrak Tronton Parkir di Tepi Jalan Padangan Bojonegoro   |  
Sat, 25 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HJB ke-345

Bupati Bojonegoro Pimpin Kirab Api Abadi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 October 2022 15:00

Bupati Bojonegoro Pimpin Kirab Api Abadi

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Rangkaian kegiatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-345 diawali dengan prosesi Kirab Api Abadi dari Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem untuk menuju Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro pada Selasa (19/10/2022).

Prosesi berlangsung sakral dengan upacara adat, serta dipimpin langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. 

Prosesi kirab api abadi juga diikuti oleh Forkopimda, OPD serta Camat Se-Kabupaten Bojonegoro. Iring-iringan menggunakan 19 Mobil Ranger 9 Jeep Willys. Kehadiran Bupati dan forkopimda disambut dengan tari srampat oleh 11 penari. Prosesi Upacara Adat Kurmat Sumur Api oleh Camat Ngasem dengan didampingi Juru Kunci. Selanjutnya pengambilan api oleh Kepala Desa Sendangharjo serta diserahkan kepada Camat Ngasem. 

Lalu selanjutnya, estafet Api Abadi diberikan kepada Ketua DPRD Kab. Bojonegoro dan terakhir diterima oleh Bupati Bojonegoro sebelum memulai prosesi. Bupati Bojonegoro menerima Api dari Ketua DPRD dan kepada tim pembawa api abadi sebagai tanda bahwa Api Abadi siap dikirab menuju Pendopo Malowopati untuk disemayamkan.

Saat penyemayaman api abadi, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menyampaikn bahwa semangat pembangunan dilambangkan seperti api abadi yang menyala. Bisa memberikan perubahan dan pembaharuan dalam memajukan Bojonegoro. 

"Kita sama-sama mengucapkan alhamdulillah, prosesi bisa berjalan dengan lancar. Saya mengucapkan terima kasih kepada semuanya, dengan semangat HJB ke- 345 mari kita bersama-sama membangun Bojonegoro yang lebih baik lagi," ungkap Bupati Bojonegoro. 

Prosesi kirab api abadi ini juga menjadi simbol bahwa bersama masyarakat terus membangun dan berkarya menuju Bojonegoro yang lebih baik, maju, dan produktif. Hal ini tentunya selaras dengan tema HJB tahun ini yaitu "Bojonegoro Terdepan Pembangunan Berkelanjutan". Pembangunan yang telah dilakukan pun bukan hanya sebatas pembangunan fisik, melainkan pembangunan sosial budaya, pembangunan SDM juga terus ditingkatkan. 

Usai kirab dan penyemayaman, rangkaian HJB ke-345 nantinya akan dilanjutkan dengan doa bersama lintas agama. Kemudian, pada puncak acara akan dilaksanakan Upacara Hari Jadi yang nantinya bakal digelar di Alun-Alun Bojonegoro dan di tutup dengan Bojonegoro Night Carnaval (BNC) pada Kamis malam (20/10/2022). [lis]

Tag : Hari, jadi, Bojonegoro, api, abadi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat