Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dinkes Bojonegoro Berikan Imunisasi HPV, Sasaran Siswa SD

blokbojonegoro.com | Thursday, 10 November 2022 19:00

Dinkes Bojonegoro Berikan Imunisasi HPV, Sasaran Siswa SD

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan telah memberikan imunisasi Human Papiloma Virus (HPV). Imunisasi ini diperuntukan bagi pelajar guna mengantisipasi terjadinya kanker serviks yang sudah hampir tuntas, sasarannya adalah seluruh siswi kelas V SD/MI se-Kabupaten Bojonegoro.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bojonegoro, Whenny Dyah Prajanti menjelaskan, jenis imunisasi ini pertama kali diberikan kepada pelajar. Karena vaksinasi ini masuk dalam program baru Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Imunikasi HPV wajib diberikan pada anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan dilakukan oleh Puskesmas wilayah setempat.

"Imunisasi HPV ini ada 2 Dosis. dosisi pertama kelas 5, dosis kedua kelas 6, karena ini baru tahun pertama jadi yang kita berikan vaksinasi adalah kelas 5. Lalu kemudian, tahun depan baru kelas 5 dosis pertama dan kelas 6 untuk dosis kedua," ulasnya. 

Ia melanjutkan, memang untuk anak perempuan usia 11 tahun keatas bisa mendapatkan vaksinasi HPV. Sehingga rata-rata di kelas 5 sudah bisa masuk dan akan diberikan dosis lanjutan saat duduk di bangku kelas 6.

"Untuk sasaran di Kabupaten Bojonegoro ada 8.547 siswi, dan yang sudah diimunisasi tercapai 94%, melampaui dari target nasional 90%," tambahnya.

Whenny menegaskan sejauh ini efek samping imunisasi HPV tidak ada. Harapannya animo masyarakat khususnya orang tua agar bisa memberikan pemahaman, menginformasikan, serta mendampingi anak-anaknya. 

"Karena vaksin itu akan bermanfaat bagi tubuh. Sesudah imunisasi, tubuhnya sudah membentuk antibodi. Kelak jika ada virus tersebut masuk jadi bisa melawan lebih cepat lagi," pungkasnya. [liz/ito]

 

Tag : Dinkes, Bojonegoro, vaksin, hpv



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini