13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Filosofi Tandur, Pekerjaan Sederhana Penuh Makna

blokbojonegoro.com | Friday, 13 January 2023 15:00

Filosofi Tandur, Pekerjaan Sederhana Penuh Makna

Oleh: M. Ainun Najib*

blokbojonegoro.com - Tidak ada salahnya jika kita memperhatikan hal-hal yang dirasa biasa dan mungkin kurang menarik di sekitar kita. Namun jika kita lebih menghayati  ternyata hal itu mempunyai makna yang mendalam, seperti yang coba penulis uraikan dalam bentuk tulisan ini. Penulis menemukan hal yang menarik yaitu sekelompok ibu-ibu yang sedang menanam padi, mereka menyebut pekerjaan itu dengan “Tandur”.

Mungkin kata “Tandur” sudah biasa kita dengar sehari-hari terutama masyarakat pedesaan, namun lain halnya dengan masyarakat di perkotaan, pasti orang-orang kota akan menanyakan “apa itu tandur?”, karena kata itu jarang mereka dengar dan mungkin beberapa dari mereka baru saja mendengar.  Sambil penulis mencoba untuk mengamati cara mereka menanam bibit-bibit padi tersebut, ada beberapa hal unik yang penulis dapatkan dan penulis coba memaknai secara mendalam tentang keunikan tersebut.

Pertama, cara mereka menanam dengan berjalan kebelakang atau mundur. Hal ini mempunya nilai filosofi yaitu ketika kita sedang berjuang untuk maju ada kalanya kita juga harus mundur sejenak. Semisal dalam peperangan, maka tidak ada salahnya kita untuk mundur sejenak sambil memperhatikan tak-tik atau strategi yang digunakan oleh musuh dalam berperang, agar kita betul-betul mengetahui strategi apa yang di gunakan oleh musuh dan mengetahui titik kelemahannya. Atau kalau dalam ranah perkuliahan ketika kita sedang disibukkan dengan tugas-tugas yang begitu padat ada kalanya kita juga harus berhenti untuk istirahat sejenak, agar bisa merefresh kembali pikiran dan badan kita yang dirasa sudah penat, suntuk dan bosan dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Lalu ketika dirasa sudah cukup dalam mengistirahatkan diri, maka kita juga harus mengerjakan kembali sampai tuntas tugas tersebut.

Kedua, ketika mereka sedang tandur mereka membawa dua buah alat utama yaitu “Blak” dan “Kenur” (benang). Alat yang dinamakan “Blak” ini terbuat dari bambu yang panjangnya kira-kira berukuran 2-3 meter, kemudian di kasih cowakan dengan jarak kurang lebih 20 centimeter dan cowakan itu dibuat sepanjang bambu tersebut. Sepintas alat-alat mereka memang terlihat sederhana, namun ketika mereka sudah menyelesaikan pekerjaannya dalam satu petak sawah, maka pasti kita akan terkejut melihat hasilnya karena  hasilnya begitu rapi dan lurus sekali  bagaikan TNI yang sedang melaksanakan PBB. Hal itu melambangkan bahwa dari dalam kesederhanaan mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan, bisa juga dimaknai bahwa dalam diri mereka tertanam kuat jiwa kesederhanaan dan jiwa bekerja keras dan ingin selalu  memberikan hasil yang terbaik dalam setiap menyelesaikan pekerjaan.

Ketiga, dalam cowakan alat yang dinamakan ”Blak”, ada ukuran yang harus sama dengan ukuran cowak lainnya. Hal itu mempunyai makna bahwa kita hidup ini diatur oleh Allah Swt dan diatur oleh negara. Oleh karena itu wajib bagi kita untuk mematuhinya agar hidup kita berjalan dengan tenang, aman dan sejahtera sesuai sesuai dengan tujuan di buatnya peraturan tersebut.

Keempat, ternyata ketika tandur mereka itu selalu menghadap ke bawah. Hal ini sesuai dengan pesan agama Islam, yaitu janganlah sombong ketika kita hidup di dunia ini, karena pada hakikatnya semua hanyalah titipan Allah semata.  Juga dapat bermakna seperti Peribahasa padi “semakin berisi semakin merunduk”. Perihal ini bisa kita kontekstualisasikan bahwa ketika kelak kita menjadi orang yang berilmu, maka janganlah kita merasa paling pintar sendiri. Karena ada pepatah mengatakan “Di atas langit masih ada langit”.

Setelah mereka menyelesaikan pekerjaan Tandur tersebut, mereka juga tak lupa untuk beristirahat dengan meneduh di bawah pohon sekitar mereka, sembari mengobrol, bercanda dan tertawa ria dengan sesama temannya untuk melepaskan rasa capeknya, mereka kemudian di beri “Berkat” oleh pemilik sawah. Berkat tersebut juga mempunyai makna sebagai ungkapan rasa syukur pemilik sawah karena bisa menanam padi pada musim tersebut, juga berisikan do’a semoga hasil panen nanti berkah dan melimpah.

Itulah sedikit tulisan mengenai filosofi Tandur semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua, Amiin 

*Mahasiswa PAI dan Anggota UKM Griya Cendekia dan UKM LPM Spektrum Unugiri

 

 

Tag : Tandur, opini, kuliah, pekerjaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat