Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harlah Ke-14 Ponpes, Gubernur Jatim Resmikan IAI Al-Fatimah

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 January 2023 16:00

Harlah Ke-14 Ponpes, Gubernur Jatim Resmikan IAI Al-Fatimah

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Hj. Khofifah Indar Parawansa hari ini berkesempatan hadir di Bojonegoro dalam agenda Hari Lahir (Harlah) ke-16 Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Fatimah Bojonegoro, Sabtu (21/1/2023).

Dalam Harlah ke-16 ini, Ponpes Modern Al-Fatimah merangkai dengan sejumlah agenda dan seremoni. Mulai dari Festival Bazar, Ngaji Kebangsaan bersama Rais Aam PBNU KH. Miftakhul Akhyar yang sekaligus melaunching Institut Agama Islam (IAI) Al-Fatimah, hingga peresmian Masjid Kanzul 'Arsy oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa dalam sambutannya menuturkan bahwa Ponpes Modern Al-Fatimah sudah bersiap untuk membangun IAI Al-Fatimah yang mana artinya lembaga pendidikan mengusung pesantren modern. Sehingga menyiapkan para santri masuk pada perguruan tinggi. 

"Ini bagian dari penguatan membangun peradaban dunia. Ingin membangun peradaban dunia maka salah satu pintu masuknya adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan kita. Pesantern Al-Fatimah sudah masuk pada posisi pesantren modern yang Insya Allah kedalaman ilmu keagamaannya cukup bagus, kuat, dan tentu kedalaman ilmu umum juga berseiring dengan kedalaman ilmu agamanya," ujar Gubernur Khofifah. 

Dengan begitu, diharapkan pesantren dapat tumbuh berkembang guna memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, bangsa dan negara.  Gubernur Khofifah menambahkan, ada hal penting yang diusung oleh PBNU. Selain membangun peradaban adalah merawat jagad.,Merawat jagad, kata Khofifah, pada hari ini ujiannya cukup kompleks. Dari hal itu, maka

PR (Pekerjaan Rumah) NU (Nahdlatul Ulama) juga komplek. "Tapi ketika sinergi dibangun mulai NU dan banomnya, pemerintah, TNI-POLRI, dunia usaha, dunia industri, Insya Allah solusi-solusi yang bisa memeberikan kebaikan kehidupan umat bisa tercapai," lanjutnya. 

Dalam hal pendidikan, Olimpiade Sains Nasional 18 tahun berturut-turut diraih Provinsi lain. Namun mulai tahun 2020 hingga 2022, juara umum Olimpiade Sains Nasional berhasil di bawa ke oleh Provinsi Jatim. Kemudian Sains Madrasah, 5 tahun berturut juara umum dibawa Provinsi, Olimpiade Penelitian Siswa, juara umum juga Provinsi Jatim.

Menurut Gubernur Jim, Ilini bagian dari membangun upaya yang digagas oleh NU. bagaimana peradaban dunia memberikan tetesan semangat kepada para sanri, siswa dan siswi yang ada di Jatim.

"Di luar itu, PR kita adalah  membangun akhlaknya. Membangun peradaban bisa dimulai dari pendidikan, tapi kalau akhlak harus diperbanyak ibadahnya. Dalam Kondisi seperti inilah pesantren menjadi bagian yang sangat penting untuk memberikan penguatan, bangunan peradaban dengan bangunan akhlakul kharimah," jelasnya. 

Gubernur Jatim juga berharao agar mudah-mudahan bersama para kyai, masayikh, habaib, seluruh pesantren yang ada di Jatim dan di Indonesia akan memberi panduan bagaimana peradaban dan akhlak bersatu memberikan kekuatan kepada kehidupan yang saling menghormati antar sesama warga, bangsa dan warga dunia. [riz/ito]

 

Tag : Bojonegoro, Alfatimah, Iai, ponpes, gubernur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini