18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gandeng UB Program RPL S-2 Pemkab Bojonegoro Akan Segera Terealisasi

blokbojonegoro.com | Friday, 13 January 2023 20:00

Gandeng UB Program RPL S-2 Pemkab Bojonegoro Akan Segera Terealisasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya Pemkab Bojonegoro telah sukses meluncurkan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa (RPL Desa) program Sarjana atau S-1 di tahun 2022. Kini pihaknya berencana melanjutkan program RPL Desa tingkat Magister atau S-2.

Hal itu ditandai dengan kunjungan Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah ke Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kunjungan ini dalam rangka rapat koordinasi bersama Rektor Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Phd Jumat, (13/01/2023).

Bupati Bojonegoro juga disambut oleh Rektor dan segenap civitas akademika Universitas Brawijaya, pertemuan digelar di lantai 8 Gedung Rektorat Universitas Brawijaya. Dan membahas segala persiapan tentang program RPL Desa yang akan segera dilaksanakan tahun 2023.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo menyampaikan, rasa syukur atas kerja sama dan itikad baik Pemkab Bojonegoro bersama Universitas Brawijaya dalam mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM), percepatan pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini guna mengakselerasi kemajuan serta kemandirian Desa, khususnya program S-2 RPL Desa yang akan segera terealisasi.

"Kita sangat mengapresiasi atas capaian Pemkab Bojonegoro dalam pembangunan, terutama di bidang infrastruktur jalan yang saat ini sungguh luar biasa," tutur Rektor Universitas Brawijaya Malang. 

Selain kerjasama di bidang pendidikan (peningkatan SDM), pihaknya juga menawarkan beberapa program kerja sama di bidang ketahanan pangan. "Dan pemanfaatan lahan perhutani untuk usaha peternakan dengan project pengendalian informasi teknologi," ucap Prof. Widodo.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menambahkan bahwa program RPL Desa S-2 ini merupakan tindak lanjut atas pertemuan sebelumnya dengan Kemendes PDTT dan Pertides. Maka perlu adanya upaya sinergitas antara Pemkab Bojonegoro dengan Universitas Brawijaya melalui program S-2 RPL Desa. 

"Mengacu pasca Undang-Undang Cipta Kerja di mana Dana Desa mencapai angka 4,7 triliun dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, agar bisa dikelola secara optimal," sambung Bupati Anna.

Untuk mengurangi angka stunting, maka dibutuhkan peningkatan SDM Desa melalui program S-2 RPL Desa. Mengingat anggaran Pemkab Bojonegoro di bidang Pendidikan mencapai 22,9 persen dengan program beasiswa sebesar 40 miliar. 

Nantinya Universitas Brawijaya mampu menjadi pionir bagi pengembangan pendidikan di Kabupaten Bojonegoro. Rencananya Universitas Brawijaya dalam program kerja sama RPL Desa S-2 akan membuka program studi magister management, sosiologi, ekonomi pertanian, agrobisnis, pengelolaan sumber daya lingkungan dan pembangunan. 

"Semua akan diawali pada proses seleksi dan registrasi mahasiswa pada akhir Januari hingga pertengahan Februari. Untuk kuliah umum perdana, akan terlaksana akhir Februari 2023 mendatang dan dihadiri oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar serta Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah," ulasnya. [liz/lis] 

 

Tag : Pemkab, program, RPL



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat