14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Keistimewaan Seorang Introvert di Tempat Kerja, Salah Satunya Pembicara yang Andal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 January 2023 07:00

5 Keistimewaan Seorang Introvert di Tempat Kerja, Salah Satunya Pembicara yang Andal

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Introvert Sedunia selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Januari untuk menghargai dan merayakan kepribadian introvert. Di hari ini, kita semua diingatkan akan pentingnya menghargai dan menerima perbedaan dalam kepribadian, termasuk kepribadian introvert.

Meskipun kepribadian introvert seringkali dianggap sebagai kelemahan karena berperilaku layaknya seorang anti sosial dan pemalu, padahal tidak! Sebaliknya, banyak introvert yang memiliki kemampuan dan potensi yang luar biasa.

Introvert seringkali memiliki kemampuan untuk berpikir secara mendalam, memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, dan mampu bekerja secara independen di tempat kerja.

Penasaran bagaimana introvert bisa efisien dan dapat diandalkan dalam bekerja, berikut adalah 5 keistimewaan seorang introvert di tempat kerja.

1. Seorang self motivated

Salah satu keistimewaan menjadi seorang introvert adalah keahlian untuk tidak terlalu bergantung dengan orang lain untuk mencapai tujuannya atau disebut juga self motivated.

Introvert memang lebih suka bekerja sendiri atau berada dalam lingkup kelompok kecil, serta lebih terbiasa menikmati waktu yang tenang dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

Self-motivated sendiri merupakan soft skill yang paling disukai oleh banyak perusahaan, sebab mereka bukanlah tipikal manja yang mesti dipicu oleh orang lain untuk menggerakkan dirinya, serta introvert mampu bekerja keras untuk mencari solusi daripada, atau sebelumnya, pergi ke seseorang untuk membicarakannya.

2. Berpikir reflektif

Introvert juga memiliki kemampuan berpikir reflektif. Ini berarti mampu memikirkan dan memahami pengalaman, perasaan, dan pemikirannya sendiri secara terus-menerus.

Orang yang reflektif cenderung suka mengambil waktu sejenak merenungkan pengalaman mereka dan mengevaluasi apa yang telah mereka lakukan dan apa yang telah mereka pelajari.

Kemampuan ini dapat membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara pribadi dan profesional, serta membantu dalam proses pembelajaran dan pengambilan keputusan.

3. Pembicara andal

Meskipun introvert dikenal pendiam, pemalu, dan suka menghindari percakapan dengan banyak orang, bukan berarti para introvert itu bukan seorang pembicara andal. Mereka mereka jarang sekali membicarakan hal-hal sepele dan sama sekali kurang berkenan pada dirinya, alih-alih menyinggung topik-topik yang jauh lebih berbobot dan bermakna.

Mereka akan meluangkan waktu untuk mengeksplorasi topik-topik melalui percakapan satu lawan satu atau kelompok kecil.

4. Pendengar andal

Banyak yang menganggap bahwa seseorang introvert biasanya lebih suka mendengarkan daripada berbicara. Hal ini mungkin benar dalam beberapa kasus, karena introvert biasanya lebih suka menghabiskan waktu untuk berpikir dan merenungkan pemikiran mereka sendiri daripada terlibat dalam percakapan yang bertele-tele.

Namun, jika seseorang yang memiliki kepribadian introvert juga merupakan seorang pendengar yang baik, maka ia mungkin memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan seksama dan memperhatikan apa yang orang lain katakan, serta memproses informasi tersebut dengan baik.

5. Pemimpin yang disegani

Kenal Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Warren Buffett? Mereka termasuk jajaran orang paling kaya sekaligus berpengaruh di dunia. Tapi, siapa yang akan menyangka bahwa mereka ternyata memiliki kepribadian introvert.

Oleh sebab itu, sosok pemimpin yang berkepribadian introvert sering kali memiliki kemampuan untuk menganalisis situasi dengan seksama dan mengambil keputusan yang tepat. Mereka juga seringkali memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dan mengelola sumber daya dengan efisien.

Hari Introvert Sedunia merupakan kesempatan bagi kita semua untuk memahami dan menghargai kepribadian introvert, serta menghargai perbedaan dalam kepribadian yang ada di sekitar kita. Melalui pengakuan dan penghargaan terhadap kepribadian introvert, kita semua dapat hidup dalam masyarakat yang lebih sejahtera dan saling menghargai satu sama lain.

*Sumber: suara.com

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, introvet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat