17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cuaca Tak Menentu Bikin Gampang Sakit, Yuk Cegah dengan Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Ini

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 December 2022 07:00

Cuaca Tak Menentu Bikin Gampang Sakit, Yuk Cegah dengan Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini membuat badan rentan terkena penyakit.

Untuk mencegahnya, Ketua Indonesian Sport Nutrisionist Association, dr. Rita R,DCN, M.Kes mengajak masyarakat untuk mengenali zat makanan yang tepat guna untuk kesehatan sekaligus meningkatkan imunitas agar tidak gampang sakit.

Lantas, makanan apa saja yang bisa meningkatkan imunitas tubuh? Berikut penjelasan lengkap dari dr. Rita yang disampaikan secara daring pada Senin (19/12/2022).

1. Umbi-umbian

Salah satu bahan makanan sehat untuk meningkatkan imunitas adalah umbi-umbian dan jagung.

Alasan umbi-umbian seperti ubi dan kentang, serta jagung baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas, karena selain mengandung karbohidrat juga termasuk memiliki respon glikemik yang rendah.

"Itu artinya bahan makanan tersebut tidak akan membuat hormon insulin meningkat dengan signifikan dan penyerapan glukosa di dalam tubuh menjadi lebih stabil dan tidak berlebih," terang dr. Rita.

2. Makanan Berserat

Makanan berserta juga merupakan bahan makanan yang perlu ditingkatkan agar bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan berserat yang identik dengan sayur dan buah seperti wortel, brokoli, asparagus, tomat, pepaya, mangga dan masih banyak lagi dapat meningkatkan imunitas tubuh karena membantu tumbuhnya mikrobiota atau disebut juga sebagai bakteri baik di saluran pencernaan.

Bakteri baik mampu mendorong perkembangan imunitas sehingga menjadi lebih meningkat dan tubuh tidak mudah sakit.

3. Makanan Tinggi Protein

Makanan yang tinggi protein juga dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, banyak sekali produk dengan protein tinggi seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, hingga kacang hijau.

Namun kerap kali karena teknik memasak yang tidak tepat maka kandungannya tidak terjaga.

Rita menganjurkan cara tepat memasak dengan dikukus, direbus, atau ditumis sehingga protein di dalam bahan makanan mampu terserap tubuh dengan optimal dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Terakhir, agar imunitas tubuh bisa meningkat maka masyarakat perlu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Cairan tidak terbatas pada air minum tapi juga bisa dipenuhi dengan bahan makanan lainnya yang bersifat cair seperti air kelapa, air isotonik, kuah sop berupa kaldu ayam, hingga jus buah.

Ketika kebutuhan cairan harian terpenuhi maka keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa membantu proses transportasi imun menjadi lebih optimal ke seluruh bagian tubuh.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat