15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kunjungi UNUGIRI Bojonegoro, Ketum PBNU : Butuh Pengerahan SDM Intelektual

blokbojonegoro.com | Tuesday, 13 December 2022 18:00

Kunjungi UNUGIRI Bojonegoro, Ketum PBNU : Butuh Pengerahan SDM Intelektual

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Gedung Hasyim Asyari yang baru saja diresmikan oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K. H. Yahya Cholil Staquf, bakal menjadi salah satu peluru pelesak bagi civitas akademi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro.

Ketum PBNU yang sebelumnya telah melihat gedung dan kompleks kampus, menilai bahwa sarapan prasaran begitu bagus dengan potensi yang sangat luas untuk dikembangkan. Maka dari itu, Ketum PBNU yang kerap disapa Gus Yahya berharap supaya ikhtiar yang sudah ditempuh dengan susah payah sekitar 8 tahun, dapat terus berjalan berjalan secara kondusif sebagai Universitas.

"Walaupun masih sepintas lalu di atas permukaan, saya melihat tanda-tanda bahwa UNUGIRI ini mencapai pengembangan di atas rata-rata di lingkungan NU ini," ungkap Gus Yahya dalam pengarahannya, Selasa (13/12/2022).

Ketum PBNU asal Rembang ini telah lama memperkirakan ekonomi Bojonegoro akan berkembang. Syukur Alhamdulillah diucap oleh Gus Yahya sebab telah terbukti pada masa kini.

"Dan Alhamdulillah, di tengah konteks kondisi seperti saat ini teman-teman di Bojonegoro ini cukup cerdas untuk menginisiasi berdirinya Perguruan Tinggi ini (UNUGIRI *red)," jelasnya.

Ini menjadi salah satu peluang bagi Bojonegoro, sebagai kota minyak yang akan menikmati peningkatan ekonomi yang lebih signifikan ke depan. Dan tentunya akan menyediakan lingkungan yang lebih kondusif untuk perkembangan lebih lanjut dari Universitas NU Sunan Giri Bojonegoro.

Para pengampu UNUGIRI Bojonegoro, baik dari pejabat kampus maupun BPP juga diberikan sejumlah wejangan oleh Gus Yahya. Pertama, pengembangan Perguruan Tinggi ini akan ditentukan keberhasilannya dari kemampuan untuk mensinergikan diri dengan pengembangan dinamika ekonomi di lingkungannya.

"Karena pada umumnya, orang memasuki, mencari, atau ikut serta dalam Pendidikan Tinggi seperti ini, sebagai upaya yang dilandasi oleh aspirasi untuk mengakses peluang-peluang ekonomi yang lebih baik," beber Ketum PBNU.

Perguruan tinggi, layaknya UNUGIRI Bojonegoro juga akan berkembang dalam menarik minat para calon peserta didik apabila UNUGIRI mampu menyediakan bekal bagi mahasiswanya untuk mengakses peluang ekonomi yang lebih baik.

"Oleh karenanya kita perlu menyadari, dan ini butuh sumber daya intelektual dari UNUGIRI sendiri," lengkap mantan juru bicara Presiden Gus Dur itu.

Dijelaskan pula, pada lingkungan PBNU sendiri telah memulai melakukan studi strategis terkait dengan sumber daya intelektual dan juga eksperimen-eksperimen di beberapa tempat. Perlu kejelian untuk melihat nature dinamika ekonomi disekitar kita, karena ada banyak hal yang berubah.

Ada perubahan yang luar biasa, yang harus dipahami dan diikuti. Misalnya perubahan dalam model-model industri, yang sebelumnya berbasis penambahan nilai atas sumber daya alam, sekarang bergerak cenderung lebih berbasis ke teknologi. Inilah yang harus dijadikan pemikiran bersama.

"Saya minta UNU Sunan Giri juga membuat inisiatifnya sendiri, terkait antisipasi masa depan," tandasnya. [feb/ito].

Tag : unugiri, bojonegoro, pbnu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat