17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 December 2022 13:00

UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik Sumber: Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., Ph.D (Rektor UINSA Surabaya)

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mewakili Kementerian Agama Republik Indonesia menerima penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Inovasi Terbaik tahun 2022 pada 6 Desember 2022 di Hotel Bidakara Jakarta. Layanan Publik di UINSA yang telah berhasil menyabet juara TOP 45 tersebut adalah IDe AsSALAM (Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah) yang telah dikelola Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Hadir membuka acara ini, Menteri Pendayagunaan Apatarur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. Dalam sambutannya Menpan RB mengingatkan pada hadirin terkait 5 Prioritas Kerja Tahun 2019-2014, yakni Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Simplifikasi Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi Ekonomi. 

Menpan-RB yang telah dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu 7 September 2022 ini juga menyampaikan arahan presiden terkait Reformasi Birokrasi. Ada tiga hal penting yang harus selalu dipahami dan dilaksanakan yakni (1) Birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat; (2) Reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas; (3) Birokrasi lincah dan cepat.  

Pada kesempatan kali ini, pemberian penghargaan dilaksanakan sekaligus dari bidang RB (Reformasi Birokrasi) dan Bidang Yanlik (Pelayanan Publik). “Kami ingin mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan Layanan Publik di Indonesia. Tahun ini, RB dilaksanakan secara tematik, yakni RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, RB Digitalisasi Administrasi Pemerintah. Semangat membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik,” tegas MenpanRB, Abdullah Azwar Anas.

Hadir dalam pemberian penghargaan tersebut Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., mewakili Kementerian Agama. “Pencapaian penghargaan atas karya inovasi pelayanan publik melalui Ide AsSALAM adalah pintu masuk ke pencapaian-pencapaian prestasi berikutnya melalui ragam inovasi yang kita geber di UINSA. Tiada hari tanpa inovasi. Tiada hari tanpa prestasi. UINSA, kampus Inovasi. UINSA, kampus prestasi," tegas Prof. Muzakki.

Setelah melalui tahapan yang tidak mudah dilalui dalam ajang KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) yang diselengarakan KemenpanRB tahun 2022 ini, akhirnya IDE ASSALAM UINSA bersanding bersama aplikasi Peduli Lindungi Kementerian Kesehatan, meraih TOP 45 Layanan Publik Inovasi Terbaik.

Kementerian Agama juga meraih 5 TOP OUTSTANDING Pelayanan Publik Terbaik. IDE ASSALAM adalah salah satu inovasi yang diusung Laboratorium FEBI UINSA dibawah bimbingan Dr. Fatmah, ST, MM. Layanan publik yang memberikan wadah untuk mahasiswa UINSA dan warga masyarakat, terutama ibu-ibu di daerah nelayan, serta di kampung Binaan UINSA untuk mengenal saham dengan bermodalkan sampah. Dengan mengumpulkan sampah, mereka mampu membeli saham di Indofood serta perusahaan-perusahaan yang lainnya. Atas capaian gemilang tersebut, sebelumnya Ide ASSALAM juga telah memecahkan Rekor MURI Indonesia.

"Semoga ini menginspirasi civitas akademika UINSA yang lainnya untuk berpacu dalam mengembangkan inovasi layanan publik di wilayah kewenangannya masing-masing,” harap Prof. Muzakki.

Hadir mewakili Kementerian Agama RI, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI, Drs. H. Akhmad Lutfi, M.M., turut menyampaikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan UINSA Surabaya. “Ini penghargaan pertama kali yang diterima KL Kemenag. UINSA telah ikut mengangkat nama Kemenag RI. Dan UINSA adalah satu satunya perguruan tinggi yang telah lolos mewakili kemenag dalam ajang KIPP 2022,” ujar Kabiro Ortala Kemenag RI.[lis]

 

 

Tag : Universitas, Kemenag، UINSA, Surabaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat