18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Alumnus IKIP PGRI Bojonegoro Terpilih Jadi Relawan Pijar di NTT

blokbojonegoro.com | Saturday, 17 December 2022 12:00

Alumnus IKIP PGRI Bojonegoro Terpilih Jadi Relawan Pijar di NTT

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sebelumnya CT Arsa Foundation memberangkatkan beberapa tim relawan Program Pergi Mengajar (Pijar) untuk mengajar di berbagai daerah pelosok di Indonesia, mulai dari ujung Sukabumi hingga Nusa Tenggara Timur.

CT Arsa Foundation merupakan sebuah yayasan sosial non-profit yang didirikan oleh Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung, sejak tahun 2005. Bahkan dalam menjalankan kiprahnya, CT Arsa Foundation telah hadir hingga pelosok tanah air dan melahirkan berbagai program sosial dengan misi utama memutuskan mata rantai kemiskinan. 

Ridduwan Agung Asmaka, Alumnus IKIP Bojonegoro sekaligus dikenal sebagai sosok seniman muda dan pegiat literasi asal Kelurahan Ngroworejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro itu bercerita, mulanya ia mengikuti tes pergi mengajar (Pijar) di bulan Juli 2022. 

Tes tersebut mulai dari tes administrasi berupa cv dan essay, kemudian lanjut tes wawancara, psikotes dan micro teaching. Dimana ia sendiri bertarung dengan ratusan para calon relawan Pijar lainnya di seluruh Nusantara. Tak menyangka ternyata keberuntungan berpihak kepada Alumnus IKIP PGRI Bojonegoro. 

 

"Waktu pengabdian sendiri satu tahun, kebetulan di tempatkan di SDN Redameter, Kampung Redameter, Desa Kadu Eta, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT," ungkap Agung Ridduwan. 

Restu orang tua, terutama sosok seorang Ibu menjadi dorongan dan semangat utama Agung Ridduwan Asmaka untuk melangkah. Salah satunya menjadi bagian dari guru muda Pijar yang mengharuskan Agung Ridwan bepergian jauh ke Nusa Tenggara Timur. 

"Harus merayu orang tua dulu untuk mendapatkan izin, agar meridhoi dan mendoakan. lalu harus belajar sama mbak Ranitya Nur Lita, Mas Donni, Ibu Tanti, Mas Bagus Putra dan Mas Alif motivator disela teman yang lain santai," ucapnya. 

Lanjut dia, tentunya pengalaman 16 hari yang dirasakan Agung saat mengajar di pedalaman NTT sangat menyenangkan. Sebab para relawan muda tersebut akan belajar beradaptasi di lokasi baru, bertemu anak-anak, orang baru, budaya, cara makan dan minum, etika bertamu, berbahasa Indonesia dengan logat berbeda dan tradisi lainnya yang menarik untuk dipelajari. 

"Mulanya kami adaptasi dari rumah bapak dan mama asuh kami. Jadi lebih enak dan diajari banyak hal, kemudian di anak-anak baru bisa atau istilahnya mau mendekat sekali di hari ke 11 dan 12. Akhirnya pada mau di asesment membaca dan berhitung," tutur Seniman Muda Bojonegoro ini.

Selama 365 hari nantinya, Agung Ridduwan bersama para relawan Pijar bakal memberikan upaya maksimal selama masa pengabdiannya di NTT. Berbekal latar belakang mengajar dan jiwa sosialnya yang tinggi, Agung memiliki banyak keinginan agar dapat memberikan kontribusi di daerah pengabdiannya nanti.

Salah satunya lewat program yang ia bawakan adalah untuk meningkatkan literasi dan numerasi di SDN Redameter dengan cara pendekatan kepada anak-anak, terutama lewat pengalamannya sebagai seniman dan pegiat literasi. 

"Harapannya anak-anak bisa mengerti calistung dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat serta memberikan kontribusi bagi daerah pengabdian," harap Relawan Pijar asal Bojonegoro. [liz/mu]

Tag : Relawan, daerah pedalaman, pijar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat