15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa Unigoro Sabet Juara Internasional Kejuaraan Robotik di Malaysia

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 December 2022 16:00

Mahasiswa Unigoro Sabet Juara Internasional Kejuaraan Robotik di Malaysia

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Thoriq Whalidad Kamal dan Roymon Albir, keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Hukum di Univertas Bojonegoro (Unigoro). Beberapa pekan lalu keduanya menyabet juara robotik pada kompetisi International 11th World Robotic For Peace 2022 University Technology di Johor, Malaysia.

Mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2022 yang akrab disapa Thoriq itu mengatakan, ia menyukai robotik sejak masih kecil, hingga ia menginjak bangku SMP dan SMA ia memberanikan diri untuk mengikuti ajang robotik di beberapa kejuaraan baik tingkat Regional hingga Internasional.

"Sejak kecil sih, sudah menyukai robotik. Kemudian, pada saat menginjak bangku SMP sudah memberanikan diri untuk mengikuti beberapa kejuaraan robotik," ungkapnya, Rabu (21/12/2022).

Lebih lanjut, ia pun menceritakan sejumlah persiapan yang dilakukan menjelang kejuaraan. Dia mengaku minim persiapan dan bahkan sempat terkendala kekurangan sejumlah alat sehingga harus pergi ke Yogyakarta terlebih dahulu untuk membeli alat tersebut.

"Jadi begitu mendapat pendanaan langsung membeli semua alat-alat yang dibutuhkan. Selanjutnya merancang dan membuat robotnya. Kemudian dilakukan uji coba untuk melatih robot," ujar Thoriq kepada blokBojonegoro.com.

Disinggung soal bagaimana agar tetap konsisten dalam merancang robotik, karena terdapat sejumlah bagian yang rumit dan detail? Thoriq mengaku bahwa, robotik itu seru, kalau merasa sedikit pusing dan jenuh ia memilih untuk istirahat sejenak dan akan melanjutkan ketika rasa pusingnya sudah hilang.

"Ya, kami akan istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan. Pokoknya dibawa seru saja," ucapnya sembari memainkan karya robotiknya itu.

Tak berhenti disitu saja, keduanya akan terus berlatih dan mengikuti sejumlah pelatihan dan kejuaraan tentunya. Dalam kurun waktu satu bulan kedepan, rencananya juga akan kembali terjun untuk mengikuti kejuaraan robotik di Turki.

Sementara itu, Roymon Albir yang mendapatkan Juara 2 di Kejuaraan Robotik di Malaysia itu mengaku bahwa, kejuaraan tersebut merupakan ajang perdana yang ia ikuti, dan ternyata menjadi Juara 2 tingkat Internasional.

"Berhubung diajak Mas Thoriq di komunitas robotik jadi saya ikut bergabung. Kebetulan ini lomba perdana saya dalam kejuaraan robotik. Saya juga ingin membanggakan orang tua dan ingin mendapat prestasi," ungkapnya dengan bangga.

Sementara itu, Rektor Unigoro Tri Astuti Handayani sangat mengapresiasi atas apa yang dicapai oleh dua mahasiswa yang menyabet juara 1 dan 2 di ajang 11th world robotic for peace 2022 University Technology di Johor, Malaysia itu

"Saya bangga atas capaiannya, saya berharap jangan berhenti disini saja, tapi juga harus dikembangkan, kami akan support penuh kreatifitas dari mahasiswa saya, kami juga memberikan beasiswa bagi juara, dan itu berlaku bagi semua mahasiswa yang berprestasi," pungkasnya. [riz/lis]

 

 

Tag : Juara, robot, robotik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat