18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selain Menimbulkan Trauma pada Korban, Ini 3 Dampak Buruk Perundungan

blokbojonegoro.com | Friday, 23 December 2022 07:00

Selain Menimbulkan Trauma pada Korban, Ini 3 Dampak Buruk Perundungan Foto ilustrasi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Gerakan untuk melawan perilaku perundungan atau bullying kerap dilakukan. Walau begitu, perilaku seperti ini masih saja terjadi, bahkan jumlah kasusnya seakan terus bertambah. Perundungan bukanlah bentuk candaan, melainkan tak ubahnya perilaku penganiayaan yang tidak semestinya ditoleransi. Sebab, bukan hanya menimbulkan rasa trauma bagi korban, perundungan juga dapat membawa berbagai dampak buruk lainnya, beberapa di antaranya ialah:

1. Menciptakan track record buruk bagi pelaku

Tak jarang, kita mendengar cerita orang-orang yang saat ini merupakan selebritas terkenal, tapi mereka ternyata memiliki masa lalu yang kurang baik, seiring ditemukan fakta bahwa mereka pernah melakukan perundungan. Tak sedikit dari mereka yang pada akhirnya harus merelakan popularitas yang telah diraih, karena masyarakat tidak lagi menerima kehadiran mereka.

Tidak mudah bagi orang lain untuk mempercayai seseorang yang pernah melakukan tindakan perundungan. Bahkan, meski orang itu telah meninggalkan perilaku tersebut, menyesali perbuatan buruknya dan berubah menjadi orang yang lebih baik, apa yang ia lakukan di masa lalu tetap menjadi catatan buruk yang dapat memengaruhi kehidupannya di masa depan.

2. Melahirkan dendam

Perundungan pelajar senior kepada junior, misalnya. Banyak pelajar yang melakukan perundungan kepada junior, karena mereka mendapatkan perlakuan yang sama dari para senior terdahulu. Akibatnya, perisakan tersebut terjadi secara turun-temurun.

Hal ini diakibatkan oleh rasa dendam yang dirasakan para pelajar terhadap senior mereka, sehingga membuat mereka akhirnya melakukan hal yang sama kepada junior mereka. Perundungan biasanya dilakukan dengan dalih agar para junior tidak lembek, padahal itu hanyalah alibi tak berdasar untuk menyembunyikan perilaku perundungan. Tentunya, ada banyak cara yang lebih baik untuk senior memberikan bimbingan kepada para junior.

3. Menimbulkan trust issue

Banyak dari saksi perundungan yang tidak berdaya untuk menolong temannya yang dirisak, salah satunya karena mereka sendiri takut turut menjadi sasaran perisakan. Hal ini kerap membuat seseorang yang menjadi korban perundungan mengalami trust issue atau sulit mempercayai orang lain, terlebih jika ada teman-teman di sekitarnya yang diharapkan mampu menolong, tapi ternyata tak ada satu pun orang yang datang untuk menyelamatkannya dari perilaku perundungan.

Demikian tiga dampak buruk perilaku perundungan selain menimbulkan trauma pada korban. Sudah sepatutnya perilaku perundungan diberantas. Sebab, perundungan hanya akan membawa dampak buruk, baik bagi pelaku, korban, maupun orang yang menyaksikan.

*Sumber: suara.com

Tag : dampak perundungan, bullying



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat