17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sun, 21 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Jenis Vitamin untuk Dikonsumsi Saat Cuaca Ekstrem, Jaga Daya Tubuh Agar Tetap Fit!

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 December 2022 07:00

5 Jenis Vitamin untuk Dikonsumsi Saat Cuaca Ekstrem, Jaga Daya Tubuh Agar Tetap Fit!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia sulit untuk ditebak. Ada kalanya di siang hari kita merasakan terik matahari dan memasuki sore biasanya disambut dengan hujan lebat hingga malam hari. Cuaca yang tidak menentu ini dapat mempengaruhi kesehatan dan kekebalan tubuh. Berikut vitamin yang wajib untuk dikonsumsi untuk menghadapi cuaca ekstrem

Jika kita tidak dapat merawat tubuh saat cuaca ekstrem, bisa saja terkena beberapa penyakit seperti flu, batuk, demam, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, kita bisa mencegahnya dengan memperbaiki asupan gizi dengan makanan yang kaya akan vitamin.

Ada beberapa vitamin yang wajib untuk dikonsumsi setiap harinya untuk menghadapi cuaca ekstrem. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini.

1. Vitamin A

Selain cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan pada mata, vitamin A dapat membantu kita dalam menghadapi musim pancaroba karena baik untuk kekebalan tubuh. Kandungan gizi pada vitamin A dapat melindungi tubuh dari bakteri, virus, hingga penyakit berbahaya lainnya.

2. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin D ini dapat membersihkan udara kotor, dan membasmi virus yang bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pneumonia. Kandungan vitamin D mudah didapatkan dengan berjemur di bawah terik sinar matahari saat pagi hari.

3. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu mengurangi risiko kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Meskipun vitamin ini dikenal untuk kecantikan kulit, nyatanya dapat mencegah kita terkena dampak dari cuaca ekstrem.

Asupan vitamin E ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond, dan jenis sayuran seperti kecambah dan brokoli.

4. Vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B yang penting untuk dikonsumsi saat cuaca ekstrem seperti vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. Vitamin ini dapat menjaga kadar hemoglobin yang bisa mencegah kita terkena anemia. Dengan vitamin B, kita tidak mudah lemas dan cenderung selalu bertenaga saat beraktivitas di cuaca esktrem seperti ini. Vitamin B6 dan B12 dapat menjaga imun dan mencegah peradangan yang bisa menyebabkan sakit.

5. Vitamin C

Vitamin C dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang mampu merangsang sel darah putih untuk menyerang bakteri dan virus pada bagian tubuh yang terinfeksi. Selain vitamin E, ada pun vitamin C yang bersifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Nah, itulah beberapa vitamin yang wajib sebagai asupan harian untuk mencegah diri dari cuaca ekstrem. Dengan vitamin di atas, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Semoga membantu!

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat