18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Introvert: Pengertian, Ciri-ciri, dan Sejarahnya

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 January 2023 07:00

Mengenal Introvert: Pengertian, Ciri-ciri, dan Sejarahnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Setiap tanggal 2 Januari, banyak orang di dunia memperingati Hari Introvert Sedunia. Peringatan ini dikhususkan kepada seluruh orang dengan senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang terdekat untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial.

Dikutip dari WebMd, seorang introvert memiliki kepribadian yang berfokus pada perasaan sendiri dan lebih suka berkumpul dengan satu atau dua orang daripada secara berkelompok.

Tujuan memperingati Hari Introvert Sedunia agar masyarakat di seluruh dunia dapat memahami individu introvert menjadi lebih baik. Momen peringatan tersebut pas untuk digunakan para introvert untuk membuka diri dan memberikan ruang untuk berekspresi.

Sejarah Hari Introvert Sedunia

Sebagai informasi, Hari Introvert Sedunia pertama kali diperkenalkan oleh Felicitas Heyne, seorang psikolog Jerman dan penulis ebook “Happily Introvert Ever After”. Pada 20 September 2011, Heyne menulis unggahan berjudul “Inilah Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia” di situs pribadinya. Tulisan inilah menjadi tonggak awal munculnya Hari Introvert Sedunia yang diperingati hingga sekarang.

Tujuan Hari Introvert Sedunia dirayakan pada 2 Januari agar para introvert dapat menarik nafas dalam-dalam setelah liburan yang melelahkan mulai Natal hingga tahun baru. Lantas apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian introvert. Berikut ini ciri-ciri introvert sebagaimana dikutip dari Healthline.

1. Membutuhkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Seorang introvert menganggap waktu untuk diri sendiri adalah sebuah hal yang menyenangkan. Seorang introvert juga suka menghabiskan waktu itu untuk beristirahat dan menikmati hobi dengan tenang. Waktu sendiri menyebabkan perasaan damai dan lega serta terjauhi dari stres.

2. Bersosialisasi menguras tenaga

Introvert bukan orang yang membenci keramaian dan cenderung menghindarinya. Namun, seorang introvert membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengisi ulang tenaganya untuk bersosialisasi. Introvert cenderung suka sendirian untuk beristirahat dan menikmati waktunya.

3. Suka bekerja sendiri

Seorang introvert suka bekerja sendiri karena bisa mengatur tempo dan kecepatan sendiri sehingga bisa merencanakan dan mempertimbangkan setiap tugas. Tentu saja bukan berarti seorang introvert kesulitan untuk bekerja sama. Seorang introvert lebih merasa mudah berkonsentrasi saat bekerja sendirian.

4. Suka menulis daripada berbicara

Banyak orang introvert yang membutuhkan waktu untuk berpikir secara hati-hati sebelum berbicara. Sehingga seorang introvert kesulitan untuk memberikan pendapat secara cepat. Dengan menulis, seorang introvert dapat mengekspresikan dirinya dengan percaya diri dan hati-hati.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat