07:00 . Sambut Hari Bhayangkara, Polsek Kapas Gotong Royong dan Bantu Masjid   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Minum Cukup Air Bisa Buat Hidup Lebih Panjang

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 January 2023 07:00

Minum Cukup Air Bisa Buat Hidup Lebih Panjang

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Minum cukup air rupanya tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan namun juga memperpanjang umur kita.

Riset terbaru yang diterbitkan dalam jurnal eBioMedicine menyatakan asupan air yang memadai mengurangi risiko penyakit kronis, meninggal lebih cepat dan mencegah penuaan biologis lebih dari usia kronologis kita.

Kesimpulan ini berdasarkan data selama 30 tahun dari 11.255 peserta dewasa berkulit hitam dan putih dalam studi Atherosclerosis Risk in Communities.

Peneliti menemukan, orang dewasa dengan kadar natrium serum hingga 146 miliekuivalen per liter,yan tergolong tinggi, lebih cenderung mengalami penurunan kesehatan daripada yang memiliki kadar natrium lebih rendah.

Didapati pula bahwa orang-orang yang memiliki lebih dari 142 miliekuivalen per liter natrium dalam sistem mereka memiliki 10-15 persen risiko lebih tua secara biologis daripada usia kronologisnya.

Capaian ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar 138-140 miliekuivalen per liter natrium.

Sedangkan orang yang di atas 144 miliekuivalen per liter natrium memiliki kemungkinan 50 persen lebih tinggi untuk menjadi lebih tua secara biologis dan 21 persen peningkatan risiko kematian dini.

Mereka yang menua paling cepat juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit kronis, seperti demensia, diabetes, dan gagal jantung.

"Hasil ini menggambarkan jika hidrasi tubuh yang memadai apat membantu memperlambat proses penuaan dan memungkinkan kehidupan bebas penyakit," kata Natalia Dmitrieva.

Ia adalah penulis studi dan peneliti di Laboratorium Pengobatan Regeneratif Kardiovaskular di National Heart, Lung and Blood Institute NIH, di Maryland.

"Penurunan kadar air tubuh adalah faktor paling umum yang meningkatkan natrium serum," terangnya.

"Oleh karena itu hasilnya menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dengan baik dapat memperlambat proses penuaan dan mencegah atau menunda penyakit kronis," kata Dmitrieva.

Menurut National Academy of Medicine, wanita harus minum sekitar 91 ons air atau 2,6 liter sedangkan pria sebanyak125 ons atau 3,6 liter setiap hari.

"Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penilaian lebih lanjut tentang rejimen hidrasi Anda," pesan Manfred Boehm, MD, rekan penulis studi dan direktur Laboratory of Cardiovascular Regenerative Medicine.

"Tujuannya adalah untuk memastikan pasien mengonsumsi cukup cairan, sambil menilai faktor-faktor, seperti obat-obatan, yang dapat menyebabkan kehilangan cairan," urainya.

*Sumber: kompas.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, minum air



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat