11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Baznas RI Salurkan 350 Kambing Program Balai Ternak Jadid Farm

blokbojonegoro.com | Tuesday, 07 February 2023 13:00

Baznas RI Salurkan 350 Kambing Program Balai Ternak Jadid Farm

Pengirim: M.Taufik Naufal

blokbojonegoro.com - Badan Amil Zakat (Baznas) RI adakan Peluncuran Balai Ternak Jadid Farm di Kabupaten Bojonegoro. Peluncuran Balai Ternak Jadid Farm tersebut dilaksanakan di Dusun Tajen, Desa Sitiaji, Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, Senin (6/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, Pimpinan Pembina Wilayah Jawa Timur Nur Chamdani, Deputi II Baznas RI Imdadun Rohmat, Kepala Bidang Pendistribusian Baznas Jawa Timur Abdul Kholik, Ketua Baznas Bojonegoro Nurul Huda, beserta udangan, mustahik dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menyampaikan, Program Jadid Farm ini merupakan sebagian dana zakat dari masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan. Di samping itu, Baznas menaruh Jadid Farm di Pondok Pesantren Al Makka bertujuan agar pesantren menjadi simpul kesejahteraan sekaligus langkah memberdayakan masyarakat sekitar.

"Kami menaruh ini di pesantren agar pesantren menjadi inisiator, dan menjadi power bagi masyarakat sekitar. Kami tidak hanya menaruh ini di pesantren tapi juga untuk mustahik di sekitar pesantren," ungkapnya.

Terpisah, Saidah Sakwan menyampaikan program Balai Ternak Jadid Farm adalah kelompok Balai ternak yang dikelola oleh Baznas RI, Baznas Provinsi Jawa Timur dan Baznas Bojonegoro ini menjadi bagian dari pengembangan ketahanan pangan yang dikelola oleh Baznas melalui pemberdayaan mustahik. Jadi kami ingin bahwa para kelompok anggota kelompok Balai ternak ini bisa memberdayakan dirinya," tuturnya.

Saidah Sakwan juga menjelaskan, bahwa Program Balai Ternak Jadid Farm di Desa Sitiaji, Kecamatan Sukosewu mendapatkan sejumlah 350 kambing kepada 20 mustahik yang dibagi menjadi dua, yakni melalui usaha breeding dan melalui usaha penggemukan. Kemudian hasilnya nanti diharapkan bisa meningkatkan kualitas keluarga dari mustahik.

"Program ini konsentrasinya, bagaimana kami bisa memberdayakan mustahik terutama akselerasi pengentasan kemiskinan melalui intervensi program-program ekonomi. Program ini menjadi bagian penting dalam rangka pengentasan kemiskinan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Anna Mu'awanah dalam sambutanya menyampaikan, bahwa sesuai dengan namanya Jadid Farm bisa menjadi hal baru. Bupati Anna juga menambahkan, Bojonegoro ini merupakan kabupaten penghasil ternak sapi nomor 5 se-Jawa Timur, dan kini juga sedang mengusahakan meningkatkan produksi ternak kambing.

"Saat ini penghasil kambing terbesar sudah ada di Kecamatan Malo, dengan permodalan ini perekonomian di Desa Sitiaji dan Ponpes Al Makka ini bisa maju," tuturnya.

Ia juga mengatakan, Pemkab selalu mensupport Baznas, juga saat ini Pemerintah sudah mendorong Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk membuka akses, membuka akuntabilitas dan memperkuat manajemen keuangan. "Hal tersebut guna memantik peminat untuk menyampaikan shodaqoh," pungkasnya. [lis]

 

Tag : BAZNAS, kambing, penyaluran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat