18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

1 Abad NU

Inilah Lirik, Arti dan Keutamaan Sholawat Asyghil

blokbojonegoro.com | Tuesday, 07 February 2023 19:00

Inilah Lirik, Arti dan Keutamaan Sholawat Asyghil Foto: blokBojonegoro/Istimewa

Reporter: Tim blokBojonegoro

blokBojonegoro.com - Pada puncak peringatan 1 Abad NU di GOR Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) berulang kali terdengar Sholawat Asyghil berkumandang. Inilah lirik, teks, arti dan keutamaannya.

Sholawat merupakan salah satu bentuk pujian dan cara umat Islam menghormati Nabi Muhammad SAW. Dalam momen tertentu, jemaah biasanya melantunkan sholawat, termasuk Asyghil.

Salah satu sholawat yang populer adalah sholawat Asyghil. Sholawat Asyghil memiliki makna sebagai permohonan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini juga berupa doa meminta keselamatan dan dijauhkan dari orang-orang yang dzalim.

Lirik Sholawat Asyghil: Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad

Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad

وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ

wa asyghilizh zholimin bidz zholimin

Dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya.

وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ

wa akhrijna min bainihim salimin

Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka.

وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in

Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat

Keistimewaan Sholawat Asyghil

Dari berbagai referensi, ada tiga keutamaan bersholawat antara lain:

1. Diterima Sholatnya

Orang yang tidak membaca Sholawat dalam Sholatnya maka tidak akan diterima Allah. Kunci diterimanya Sholat adalah harus membaca Sholawat.

2. Dimohonkan Ampun Malaikat

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Amir ibnu Rabi'ah : Barang siapa yang mengucapkan sholawat untukku sekali, maka para malaikat terus-menerus memohonkan ampunan buatnya selama ia masih membaca salawat. Karena itu, hendaklah seseorang hamba membaca salawat, baik banyak ataupun sedikit.

3. Mendapatkan Keutamaan

Berdasarkan hadist Rasulullah SAW menerangkan : "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. Nasai)

Demikian lirik sholawat Asyghil dari tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia lengkap. Semoga bermanfaat. [mad]

Tag : NU, nahdlatul ulama, 1 abad, sholawat, asyghil, dholim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat