13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antusiasme Masyarakat Bojonegoro Pada Malam Hari di Sepanjang Jalan MH. Thamrin

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 February 2023 14:00

Antusiasme Masyarakat Bojonegoro Pada Malam Hari di Sepanjang Jalan MH. Thamrin

Oleh : Syifa’ul Qulub*

Antusiasme masyarakat akan hal baru adalah Sesuatu yang sering kita temui di lingkungan sekitar kita. Apalagi sekarang media sosial  sudah mewabah di berbagai kalangan mulai dari yang muda bahkan sampai yang tua. Kabar yang lagi viral atau yang lagi nge-trend kemudian banyak yang nge-share sehingga banyak yang mengetahui informasi yang booming pada saat ini.  

Adanya tempat – tempat baru yang dibangun itulah penyebab dari antusiasme masyarakat itu sendiri. Sehingga muncullah fenomena keramaian yang timbul di sekitar tempat yang lagi viral saat itu.

Semenjak Bojonegoro dipimpin oleh ibu Anna Muawanah, banyak perubahan yang terjadi di kota Angling Dharmo saat ini. Berbagai pembangunan telah di lakukan untuk mempercantik wajah kota Bojonegoro agar menjadi kota yang di cintai warganya. Salah satu pembangunan yang di lakukan adalah wisata “Maliogoro”, yang di mulai dengan pembangunan trotoar dengan ditanami banyak rerumputan serta bunga-bunga di sepanjang trotoar sehingga memberikan kesan yang indah bagi yang melewati sekitar jalan tersebut.

Tidak hanya itu, di situ juga diberikan kursi supaya memberikan suasana yang estetik nan indah di sepanjang jalan MH. Thamrin. Akibatnya, banyak orang  yang penasaran kemudian datang dan menikmati suasana baru di sepanjang trotoar jalan MH. Thamrin yang memiliki kesan hampir mirip dengan “Malioboro” yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Padahal pada awalnya banyak warga Bojonegoro yang berkeluh kesah saat pembangunan berlangsung. Karena banyak dari mereka yang beranggapan dalam proses pembangunan sangat menganggu lalu lintas di sekitar jalan tersebut dengan adanya material bangunan seperti batu, pasir, dan besi – besi yang diletakkan di pinggir jalan.

Usai diresmikan pada awal tahun 2023 oleh bupati Bojonegoro Anna Muawanah, tempat tersebut banyak dikunjungi  oleh para muda mudi karena tempatnya yang lagsung viral dan terkesan estetik sehingga hampir semua dari mereka yang berkunjung memanfaatkanya untuk berfoto dengan berbagai tujuan. Ada yang hanya untuk menambah foto di galeri handphone dan ada juga yang untuk di posting di media sosial Instagram, facebook dan lain lain.
 

Sehingga hal tersebut memacu rasa ingin tahu masyarakat Bojonegoro bahkan ada yang dari luar kota bojonegoro yang berkunjung dan beramai-ramai mendatangi tempat tersebut bersama orang-orang tercinta sekedar untuk menikmati tempatnya yang indah dan ataupun untuk melepas penat sepulang kerja disaat senja menyapa.

Tak hanya menjadi tempat wisata, tempat ini juga menjadi sarana untuk menjemput rezeki bagi para warga sekitar. Karena banyak dari  warga sekitar jalan MH. Thamrin yang memanfaatkan momentum ini dengan berjualan di sekitar jalan MH. Thamrin. Mulai dari makanan, minuman yang tersusun rapi berjajar mengitari sepanjang trotoar jalan MH. Thamrin. Selain menjadi mata pencaharian untuk para pedagang. Tempat tersebut juga menjadi mata pencaharian bagi para fotografer dan pedagang mainan anak-anak.

Keramaian yang terjadi di sepanjang jalan MH. Thamrin Ketika malam hari sangatlah menarik orang – orang yang melewati sekitar jalan tersebut. Lampu-lampu yang menyinari di pinggiran jalan serta kursi-kursi yang terjajar menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Tidak hanya itu, rupanya untuk menjaga sepanjang jalan tersebut agar tetap kondusif, para Hansip berserta para pemuda Karang Taruna daerah sekitar dikerahkan untuk menjaga di sepanjang jalan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain para pedagang yang mencari cuan di sekitar jalan MH. Thamrin ada juga para pegiat seni seperti komunitas akustik yang membuka stand di sekitar jalan tersebut untuk bernyanyi dan mempersilahkan para pengunjung untuk sekedar request lagu dan ada juga yang menyumbangkan suara emasnya untuk bernyanyi. Agar para pengunjung merasa terhibur dengan alunan musik yang dimainkan.

Dengan adanya fenomena “Maliogoro” yang terjadi di Bojonegoro saat ini memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar. Selain untuk  meningkatkan nilai ekonomi, hal ini juga menarik minat masyarakat Bojonegoro untuk selalu mencintai indahnya Kota Bojonegoro dan tidak lupa untuk selalu tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak fasilitas yang telah disediakan.

Sekian sedikit gambaran dari penulis mengenai Bojonegoro yang sedang viral saat ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung di jalan MH. Thamrin. Terima kasih.

*Penulis : adalah mahasiswi PAI dan anggota UKM Penalaran Dan Penulisan Griya Cendekia Unugiri.

Tag : taman, thamrin, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat