Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

TMA Naik, PDAM Jamin Distribusi Air ke Pelanggan Aman

blokbojonegoro.com | Friday, 17 February 2023 16:00

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Tinggi Muka Air (TMA) sungai Bengawan Solo area Kabupaten Bojonegoro mengalami tren kenaikan sejak kemarin. Hal itu pun sedikit banyak membawa dampak distribusi air Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Buana Bojonegoro. 

Itu disebab pada intake pompa di sejumlah Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berada di area sungai, bakal mengalami penyesuaian dengan level air sungai Bengawan Solo.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Buana Bojonegoro Khairul Anwar menuturkan, sampai hari ini TMA sungai Bengawan Solo masih bisa terkondisikan. Pihaknya juga memastikan bahwa TMA tak terlalu pengaruh, kendati tren naiknya TMA membawa serta beragam sampah yang mengepung intake pompa. 

"Kondisi intake pompa Alhamdulillah bisa disesuaikan cepat tim produksi dengan level air, sehingga tidak terganggu operasional distribusi air ke pelanggan," kata Khairul Anwar usai dikonfirmasi blokBojonegoro.com, Jumat (17/2/2023).

Ditambahkannya lagi, upaya pengerjaan tim ketika TMA naik sudah pasti melakukan pembersihan sampah pada intake pompa hampir setiap hari. Apabila sampah yang mengepung intake tak segera dibersihkan, dikhawatirkan sampah bakal ikut masuk kedalam intake dan mengganggu proses produksi air. 

"Kita berupaya dalam keadaan ekstrim ini dapat mengantisipasi cepat, melakukan pemeliharaan, dan ada tim yang stand. Walaupun ada pembersihan area intake, distribusi tidak dihentikan karena kita masih ada stok," lengkapnya lagi. 

Adapun 5 intake pada IPA yang terdampak saat TMA sungai Bengawan Solo naik, yakni IPA Dengok Padangan, Tambangan Purwosari, Ngringinrejo, Banjarsari, dan IPA Piyak Kanor. [feb/col]

 

 

 

Tag : Air, naik, banjir, pdam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.