18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ngobrol Bareng Buk'e Tingkatkan Eksistensi Perpusdes

blokbojonegoro.com | Wednesday, 22 February 2023 10:00

Ngobrol Bareng Buk'e Tingkatkan Eksistensi Perpusdes

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Ngobrol Bareng Buk'e, Selasa (21/2/2023) di Kecamatan Kepohbaru. Ngobrol Bareng Buk'e ini mengambil tema meningkatkan gemar membaca yang diharapkan dapat menjadi stimulus dalam menggiatkan kembali Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

Hadir sebagai narasumber, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Kepala Dinas Pendidikan Nur Sujito, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Heri Widodo.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menjelaskan, pembentukan Perpusdes maupun TBM sebagai upaya membangkitkan minat baca masyarakat.

Perpustakaan desa, kata Bupati, diperuntukkan bagi masyarakat dan dikelola oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi. Keberadaannya dapat menjadi salah satu sarana atau media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian dari kegiatan pembangunan desa.

"Dengan adanya perpusdes maupun TBM yang terdapat di kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, diharapkan semakin dapat mendekatkan buku dan sumber bacaan kepada masyarakat hingga ke desa-desa. Maka akan turut mendukung kesadaran membaca dan peningkatan minat baca masyarakat," jelas Bupati.

Bupati mejelaskan, bahwa kegiatan membaca tidak dapat dilepaskan dari keberadaan dan tersedianya bahan bacaan yang memadai, baik dalam segi jumlah maupun kualitas bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Data terakhir saat ini terdapat 145 Perpustakaan desa di Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan untuk jumlah TBM terdapat kurang lebih 118 yang terdata.

"Sehingga perlu percepatan transformasi perpustakaan, utamanya dalam penganekaragaman jumlah dan jenis koleksi buku. Termasuk kegiatan pelatihan sebagai upaya peningkatan penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah perpustakaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat," imbuhnya.

Masih dalan kesempatan sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Heri Widodo mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa. Juga membangun dan menggugah kembali komitmen Kepala Desa dan pengelola TBM dalam pengembangan perpustakaan desa dan TBM.

"Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman akan pentingnya perpustakaan desa dan TBM. Hari ini jumlah undangan kurang lebih 90 peserta. Rencana giat Ngobrol Bareng Buk'e akan dibuat tiga (3) sesi yang dibagi berdasarkan wilayah timur, tengah dan barat," ujarnya.

Ngobrol Bareng Buk'e ini dihadiri oleh pengelola TBM dan Perpusdes di wilayah Timur. Di antaranya dari Kecamatan Kanor, Kepohbaru, Sugihwaras, Sumberrejo, Temayang, Kedungadem dan Baureno.

Tag : perpustakaan, taman bacaan masyarakat, tbm, baca



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat