18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kasus pada Anak Terus Meningkat, Begini Cara Alami Mencegah Diabetes Sejak Dini

blokbojonegoro.com | Monday, 20 February 2023 07:00

Kasus pada Anak Terus Meningkat, Begini Cara Alami Mencegah Diabetes Sejak Dini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Orang tua sebaiknya mengubah pola asupan pada anak dengan mencermati kandungan gula dalam makanan, minuman dan obat sedini mungkin untuk mencegah diabetes pada buah hati mengingat kasusnya kian meningkat pada kalangan muda.

Perlu diketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak hanya menyerang orang tua, tapi juga usia muda, bahkan anak-anak.

Penyakit yang dikenal juga dengan julukan 'kencing manis' tersebut berkembang ketika pankreas yang menghasilkan hormon insulin tidak bekerja dengan baik, atau ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar.

Baru-baru ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut bahwa pada 2023, kasus diabetes pada anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu.

Data IDAI mencatat ada sekitar 1.645 anak di Indonesia yang mengalami diabetes. Data yang tercatat ini berasal dari 15 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, hingga Medan.

Dari jumlah tersebut, laporan paling banyak berasal dari Jakarta dan Surabaya. Kondisi ini juga diperparah akibat keluhan penderita diabetes pada anak sering tidak terlihat dengan jelas, sehingga kerap terlewat pada saat dilakukan diagnosis.

Hal ini tentunya menjadi sumber kekhawatiran baru bagi para orang tua, terutama para Ibu. Banyak camilan anak yang mengandung gula, bahkan obat sirup untuk penyakit khas anak seperti batuk dan pilek pun terdapat kadar gula di dalamnya.

Berdasarkan data IDAI tersebut orangtua sebaiknya mulai mengubah pola asupan pada anak dengan mencermati kandungan gula di dalam makanan, minuman serta obat.

Hal senada dikemukakan pula oleh Reni Rahmawati, Nutritionist dari SESA. Ia mengatakan pengenalan pengganti gula sebagai pemanis sejak dini merupakan kewajiban orangtua yang penting untuk diajarkan atau dibiasakan kepada anak.

“Anak-anak saat ini tumbuh dalam kemudahan akses terhadap makanan tinggi gula dan junk food, yang dapat meningkatkan risiko diabetes pada anak. Sebaiknya orang tua mengenalkan makanan alami pada anak sejak dini dan membatasi makanan kemasan yang tinggi gula," terangnya.

Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Salah satu pilihan terbaik pengganti gula yang lebih sehat, lanjut Reni, adalah madu, karena memiliki kandungan vitamin, zat besi, magnesium, potassium dan antioksidan.

Namun ini pun bukanlah hal mudah bagi anak untuk mengonsumsinya, karena anak tetap ingin ngemil atau jajan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Padahal jika orangtua lebih jeli, ada produk madu yang cocok untuk kesehatan anak sekaligus berfungsi sebagai camilan nikmat, yaitu madu Manuka yang berasal dari Selandia Baru, yang memiliki sifat antiinflamasi, dan imun booster.

"Karena sangat concern dengan isu lonjakan penderita diabetes pada anak, kami menghadirkan asupan natural bernutrisi tinggi. Selain itu rasanya pun enak dan mudah didapatkan,” ujar Renny Hasibuan, selaku Chief Marketing Officer, PT. SESA (Sehat Secara Alami), distributor resmi produk madu untuk anak, Comvita Kids.

Madu Manuka untuk kesehatan anak tersebut, lanjut dia, ada yang berbentuk cair untuk anak usia lebih dari 1 tahun.

Suplemen tersebut berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh sekaligus memiliki kandungan antibakterial, antiperadangan, antioksidan, sehingga juga berkhasiat menyembuhkan.

Madunya ini juga berfungsi sebagai pemanis alami pengganti gula sehingga anak-anak masih bisa menikmati camilan kesukaannya.

Selain itu, ada pula Madu Manuka berbentuk permen lollipop, camilan kegemaran anak-anak. Permen ini mengandung vitamin C dan menggunakan pemanis alami dari sirup beras coklat (brown rice) yang bergizi tinggi, bebas gluten dan pewarna buatan dengan tiga rasa, yaitu anggur, jeruk dan lemon.

Tak kalah disukai anak-anak adalah Madu Manuka yang dikemas dalam bentuk gummies lembut dan kenyal yang berfungsi sebagai suplemen untuk meningkatkan imunitas anak.

Di dalamnya terkandung vitamin C, zinc, serta Madu Manuka dengan phenolic acid yang merupakan senyawa yang mengandung zat antioksidan.

“Di segmen madu anak, ini paling laris karena kandungan alami serta khasiatnya. Tentu saja, rasanya juga disukai anak-anak,” jelas Hendry Evan, Brand Manager Comvita.

Semua varian Madu Manuka untuk anak tersebut memiliki kesamaan, yaitu memiliki sertifikasi UMF™ (Unique Manuka Factor) Level Guaranteed, sebagai indikator kemurnian dari madu Manuka yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga independen di Selandia Baru, dimana madunya memiliki manfaat terapeutik atau penyembuhan.

*Sumber: suara.com

 

 

Tag : pendidikan, ksehatan, doabets, Diabetes Sejak Dini



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat