17:00 . Diktis Buka Bantuan Litapdimas untuk Dosen PTKI   |   17:00 . Dinas Perdagangan Tegaskan LPG 3 Kg di Bojonegoro Tidak Langka, Ini Sebabnya...   |   15:00 . LPG di Bojonegoro Langka, di Temayang Beli Pakai Fotocopy KTP   |   14:00 . Dibuka Pendaftaran Program Dual Master’s Degree UIII & The Universitas of Edinburgh   |   13:00 . Tuntutan Soal RUU Kesehatan Tak Ditanggapi, Nakes Ancam Mogok Nasional   |   19:00 . Laka Beruntun, Sebabkan Ibu dan Anak di Bojonegoro Meninggal   |   18:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Batik Dolokgede Sempat Tak Bisa Bayar Karyawan   |   17:00 . Prodi D3 Kebidanan ISTeK ICsada Bojonegoro Resmi Terakreditasi Sangat Baik   |   16:00 . Kabid PIKP Kominfo Bojonegoro Diperiksa Polisi, Dugaan Penyalahgunaan Wewenang   |   14:00 . Sempat Terseok Dihantam Pandemi, Anyaman Bambu Milik Parsi Tetap Bertahan   |   13:00 . Jemaah Haji 8 Hari di Madinah, Selebihnya di Makkah Hingga Maktab di Raudhah   |   10:00 . Meriahnya Kegiatan Pencanangan BBGRM di Desa Plesungan   |   09:00 . Bojonegoro Miliki 2 RPH Bersertifikat Halal   |   07:00 . Polisi Amankan Belasan Motor Berknalpot Brong, Langsung Ditilang Manual   |   06:00 . STAI ATTANWIR Bojonegoro Gelar Sekolah Jurnalistik   |  
Wed, 07 June 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kick Off HPN 2023, PWI Jatim Besok Gelar Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut

blokbojonegoro.com | Wednesday, 15 February 2023 19:00

Kick Off HPN 2023, PWI Jatim Besok Gelar Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut

Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, diapit Ketua Panitia HPN Jatim Sokip, serta Ketua Panitia Seminar Nasional Oki Lukito. (Dok. PWI Jatim untuk blokBojonegoro.com)


Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pengurus Wartawan  Indonesia (PWI) Jawa Timur mulai menggelar menggelar Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut. Seminar tersebut,  sekaligus kick off rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Ketua Panitia Pelaksana Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut Oki Lukito mengatakan, , seminar ini akan digelar di Hotel Platinum, Jalan Tunjungan No.11-21, Surabaya, Kamis (16/2/2023). Seminar ini akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang juga bertindak sebagai keynote speaker. Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memberikan pengarahan sekaligus membuka seminar ini.

Sementara, narasumber seminar ini adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Isa Anshori, Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa-Bali-Nusa Tenggara (Jabanusa) Nurwahidi, dan Pakar Kelautan ITS Daniel Rosyid.

Seminar nasional ini diadakan secara hibrida (tatap muka dan virtual). PWI Jawa Timur telah menunjuk Seksi Wartawan Kemaritiman & Kepelabuhanan sebagai panitia penyelenggara.

"Dengan berbagai regulasi yang ada, seharusnya pemanfaatan ruang pesisir dan laut membawa dampak positif. Khususnya bagi pemerintah daerah (provinsi) di sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara signifikan," kata Oki.

Beberapa pakar kelautan di Jawa Timur, kata Oki, memperkirakan Rp 5-10 triliun per tahun selama ini menguap begitu saja tanpa bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Inilah pentingnya Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut diselenggarakan agar kelak bisa memberikan kontribusi riil bagi Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Selain pemanfaatan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) untuk kepentingan pengembangan potensi ekonomi nasional, juga mempunyai potensi untuk dikembangkan bagi perekonomian daerah-daerah setempat.

"Salah satunya adalah kehadiran pelabuhan atau terminal khusus maupun terminal untuk kepentingan sendiri yang dibangun swasta," tambah Oki.

Selain seminar nasional, PWI juga akan menyerahkan PWI Maritime Award kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Keduanya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sektor kelautan, perikanan, dan konservasi. Termasuk di dalamnya memberikan bantuan kepada pembudi daya ikan, nelayan, UMKM, pengolah ikan tradisional, dan membangun kawasan konservasi pesisir,” jelas Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim.

Panitia seminar nasional juga menginisiasi Deklarasi Laut Bersih yang diikuti oleh para pemangku kepentingan di pesisir dan laut. Selain itu, juga ada pencanangan penamaan (toponimi) tiga spot terumbu karang.

“Diharapkan dengan seminar nasional ini, para wartawan juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan agar bisa memahami pemanfaatan ruang pesisir dan laut, terutama di wilayah Jawa Timur,” ungkap Ketua HPN 2023 Jawa Timur M Sokip.

Tag : hpn, pwi, jatim, seminar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat