18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia: Menkes Budi Gunadi Segera Umumkan Endemi?

blokbojonegoro.com | Saturday, 28 January 2023 07:00

Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Indonesia: Menkes Budi Gunadi Segera Umumkan Endemi?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin memberikan kabar terkini pandemi Covid-19 di Indonesia. Jadi masuk ke fase endemi?

Dijelaskan Menkes BUdi, setelah dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kondisi Covid-19 di Indonesia juga semakin baik.

Bahkan, dengan situasi Covid-19 Indonesia yang semakin membaik ini, Budi mengatakan, pemerintah Indonesia berencana untuk bertemu langsung dengan WHO. Pasalnya, Sebab pandemi ini menyangkut seluruh dunia, Indonesia tidak bisa menyatakan berada dalam tahap endemi.

Oleh sebab itu, pertemuan tersebut dilakukan untuk konsultasi dengan WHO terkait pandemi Covid-19. Dengan konsultasi itu meminta untuk WHO mengumumkan Covid-19 yang sudah menjadi endemi.

“Kita akan konsultasi, karena untuk transisi pandemi ke endemi kan, ini pandeminya dunia. Jadi harus WHO yang announce, jadi harus konsultasi dengan mereka,” ujar Budi Gunadi Sadikin saat diwawancarai di Hutan Kota by Plataran, Jumat (27/1/2023).

Sementara di Indonesia sendiri, Budi mengatakan, kasus Covid-19 memang sudah jauh lebih baik. Namun, ia meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Budi mengatakan, prokes seperti masker, jaga jarak itu juga menjadi hal yang perlu diperhatikan meskipun kondisinya sudah membaik.

“Situasi sudah jauh lebih baik. Mudah-mudahan, teman-teman jaga prokes, di dalam maupun di tempat crowded, tetap pakai masker,” jelas Budi Gunadi Sadikin.

Tidak hanya itu, Ia juga meminta agar masyarakat terus melakukan vaksinasi booster. Vaksinasi booster tersebut diperuntukkan demi menjaga imunitas tubuhnya masyarakat agar selalu sehat.

“Dan yang penting imunitas dijaga dengan vaksinasi booster,” sambungnya.

Terkait vaksin booster sendiri, sebab masa transisi ke endemi, Budi mengatakan, akan adanya pengurangan intervensi dari pemerintah. Ia berharap, dari masyarakat bisa memiliki kesadaran sendiri untuk berpartisipasi menjaga kesehatan dan imunitas.

Oleh sebab itu, ia berharap dari masyarakat memiliki kesadaran tanpa adanya permintaan dari pemerintah terkait vaksinasi. Apalagi, tujuan vaksinasi untuk kebaikan dan kesehatan diri masing-masing.

“Sekarang dengan transisi menuju endemi, kita kurangi intervensi dari pemerintah, kita perbanyak partisipasi masyarakat. Jadi kurangilah maksanya, masyarakat kita minta kesadaran sendiri,” pungkas Budi Gunadi Sadikin.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, pandemi, endemi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat