18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |   18:00 . Bawaslu Bojonegoro Temukan Dugaan Pergeseran Suara di 120 TPS   |   16:00 . Suara Abdullah Umar Meroket, Potensi Kembali Duduki Ketua DPRD Bojonegoro   |   13:00 . Jumat Ceria, Polsek Kedungadem Baksos Kunjungi Rumah-Rumah   |   13:00 . Jalan Gelombang, Truk Muatan Permen Terguling   |   22:00 . KPU Bojonegoro Selesaikan Rekapitulasi Suara Pemilu   |   21:00 . Buat Acara Ngak Ribet, di D'Konco Cafe Saja   |   20:00 . Mama-Mama Ceria, Arisan di D'Konco Cafe   |   18:00 . Kocak! Bawa Jimat Anti Tilang, Pemotor di Bojonegoro Tetap Ditilang Polisi   |   15:00 . Kepala dan Sekretaris BPBD Bojonegoro Dimutasi, Ini Penggantinya!   |   13:00 . 28 Pejabat Administrator di Pemkab Bojonegoro Dimutasi, Ini Daftarnya!   |  
Sat, 02 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampus Vokasi Kini Bisa Berpartisipasi di Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

blokbojonegoro.com | Monday, 23 January 2023 12:00

Kampus Vokasi Kini Bisa Berpartisipasi di Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Foto ilustrasi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun ini akan menyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ketiga (PMM 3). Program pertukaran mahasiswa dalam negeri yang menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman studi yang unik selama satu semester sekaligus mengeksplor keragaman nusantara, yang diakui dengan rekognisi pembelajaran senilai 20 sks.
 
“Kita tahu program Kampus Merdeka pada esensinya adalah menyiapkan lulusan perguruan tinggi agar bisa menjadi yang terbaik dari dirinya. Melalui PMM mahasiswa berkesempatan membangun persahabatan nusantara sekaligus menimba ilmu, menggali pengalaman dari kampus-kampus tujuan,” terang Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Kemendikbudristek, Nizam.
 
Hal ini ia sampaikan pada kegiatan Sosialisasi Teknis Pendaftaran bagi Calon Perguruan Tinggi Penerima PMM 3 yang diselenggarakan secara daring bagi PT regional Indonesia Barat, Selasa (17/1) melalui kanal Youtube Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Sosialisasi selanjutnya juga akan diselenggarakan bagi PT regional Indonesia Tengah dan Indonesia Timur pada Rabu (18/1) dan Kamis (19/1) mendatang.
 
Selain memberi manfaat bagi mahasiswa, menurut Nizam program PMM juga membawa dampak positif bagi perguruan tinggi penerima. Kehadiran mahasiswa dari seluruh pelosok nusantara menciptakan suasana dan lingkungan belajar yang unik dan dinamis.
 
Salah satu keunikan dari program PMM yang diluncurkan pada tahun 2021 silam adalah kurikulum khusus bernama Modul Nusantara. Kurikulum ini menjembatani ruang jumpa antarmahasiswa untuk mengeksplorasi keragaman Indonesia melalui kegiatan Kebinekaan, Inspirasi, Refleksi, dan Kontribusi Sosial. Nizam berharap, program ini dapat benar-benar mewujudkan Bineka Tunggal Ika, keberagaman, dan semangat merah putih yang akan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Keterlibatan Vokasi

Salah satu kebaruan dari PMM 3 adalah keterlibatan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang untuk pertama kalinya akan ikut ambil bagian sebagai Perguruan Tinggi (PT) Penerima maupun PT Pengirim.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati, menerangkan bahwa pembelajaran dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan yang unik bagi mahasiswa vokasi untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan serta kemandirian mereka dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui pengalaman di lapangan.
 
“Mahasiswa vokasi kami harapkan dapat memiliki pengalaman belajar di luar kampusnya sehingga mereka mengikuti pembelajaran di ruang pembelajaran yang tidak terbatas. Mereka dapat melakukan interaksi yang erat antara vokasi dengan dunia kerja, antara vokasi dengan masyarakat, dan kami harapkan para peserta PMM ikut mewarnai budaya dan peradaban Indonesia,” katanya.
 
Pada tahun ini, PMM menyiapkan kuota bagi 150 PT Penerima. Angka ini menunjukkan kenaikan karena PMM 2 tahun 2022 lalu yang melibatkan 138 PT Penerima di 30 provinsi dari 194 PT yang mendaftar.

Periode pendaftaran PT Penerima dibuka mulai tanggal 11 Januari hingga 8 Februari 2023. Untuk mendaftar PMM 3, Perguruan Tinggi calon peserta dapat mengakses laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Adapun pendaftaran bagi mahasiswa calon peserta program PMM 3 akan diumumkan kemudian.
 
“Kami membuka kesempatan untuk perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa, untuk bergabung dalam program PMM 3 agar dapat bersama merayakan kebinekaan di Indonesia. Harapan kami Perguruan Tinggi Bapak Ibu yang hadir pada kesempatan kali ini segera mendaftar sebagai PT penerima PMM 3 dan membuka kuota sebanyak-banyaknya bagi mahasiswa inbound untuk belajar di perguruan tinggi Bapak Ibu sekalian,” ucap Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar, Asri Aldila Putri.

*Sumber: kemdikbud.go.id

 

Tag : kampus vokasi, mahasiswa merdeka, program kemdikbud, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat