21:00 . Perampok dan Brandal yang Mengacaukan Warga, 3 Desa Kecil jadi Bumirejo   |   20:00 . Baru Nikah, 50 Pasangan Muda di Bojonegoro Kandas   |   19:00 . Jelang Masa Akhir Petik, Harga Tembakau di Bojonegoro Terus Menurun   |   18:00 . Pemimpin Desa Bumirejo Dari Masa 1873   |   08:00 . Kwarcab Bojonegoro Laksanakan Apel Besar bersama Ka. Kwarda Jawa Timur   |   06:00 . Manbaul Ulum Bulu Bersholawat   |   18:00 . TP PKK Jawa Timur Resmi Lantik Dian Adiyanti Sebagai PJ Ketua TP PKK Bojonegoro   |   17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |  
Fri, 29 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Profil Gus Aflakha, Pendiri Majelis Jagad Sholawat Mangkunegara

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 April 2023 17:00

Profil Gus Aflakha, Pendiri Majelis Jagad Sholawat Mangkunegara

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Raden Mas (RM) Aflakha Mangkunegara atau yang akrab disapa dengan Gus Aflakha atau Gus Afa merupakan pendiri Majelis Jagad Sholawat Mangkunegara. Namun, siapakah sebenarnya Gus Afa? Simak profilnya!

Gus Afa merupakan putra ke-5 dari pengasuh pondok pesantren Nurussalam dan Wali sembilan Gomang Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban yakni, Prof. Dr. KH. KPP Noer Nasroh HD, SH, Mba, Mmpd, dan Ibu Nyai Hj Ani Zakiati.

Keturunan Keraton Surakarta itu asli kelahiran Kabupaten Tuban pada 18 Oktober 1999. Dan pada 5 Mei 2022 lalu, beliau resmi dilantik di Kraton Surakarta menjadi Kangjeng Raden Mas Panji (KRMP) Aflakha Mangkunegara Adiningrat.

Gus Aflakha sejak kecil memang tidak lepas dari didikan Ayahnya begitu pula Ibundanya, sejak pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) beliau mengenyam pendidikan di TK Muslimat NU Laju kidul, Singgahan dan melanjutkan di MI Al Hidayah Laju Kidul.

Kemudian, sa'at Menginjak SMP beliau mondok di Ponpes At-Taroqy Sedan, Rembang dan tidak berselang lama beliau pindah di MTs Islamiyah Mulyoagung, selepas dari MTS, beliau melanjutkan di SMK Kehutanan Wali Sembilan Gomang atau di Yayasan Abah beliau sendiri, dan tidak berselang lama beliau melanjutkan di SMA Joyokusumo Pati sekalian Mondok di ponpes Al - Huda.

Selanjutnya, pada tahun 2019 Gus yang memiliki rambut Gondrong itu, melanjutkan jenjang pendidikanya Di IAIN Kudus dan tak berselang lama kemudian pindah Di UBI Banyuwangi, dan saat itu pula beliau juga membuat sebuah organisasi karawitan yang diberi nama Kanjeng Pangeran yang berdasarkan Nama dari ayah beliau, dan di tambah Nogowilogo yang merujuk nama salah satu gamelan di Surakarta Hadiningrat.

Organisasi Kanjeng Pangeran tersebut, berisikan pewayangan dan membahas filosofi - filosofi yang terkandung dalam wayang, dan sampai sekarang beliau masih aktif rutinan setiap Selasa Kliwon yang digelar di rumah beliau, atau lebih tepatnya 3 bulan sekali dan rutinan keliling pada Kamis Legi.

Selanjutnya, awal berdirinya Majelis Jagad Sholawat Mangkunegara yakni dimulai pada tahun 2016, disitulah beliau merintis jama'ah yang dulunya hanya sebuah perkumpulan dengan kegiatan kanuragan, kejadukan, dan ziarah ke maqam wali setempat, dan perkumpulan itu di namakan Kalimo Sodo.

Setelah berjalan kurang lebih 1 bulan, terdapat salah satu alumni Ponpes Gomang meminta kepada Gus Aflakha untuk membuat rutinan di Rembang, lebih tepatnya di Gunem Karang Dowo, dan pada waktu itu kurang lebih 50 orang yang ikut hadir.

Karena diadakan di dalam rumah, dan rutinan itu berjalan sampai beberapa bulan. Akhirnya Gus Aflakha mengganti nama Kalimo Sodo menjadi Jagad Sholawat dan di tambah nama belakang beliau yaitu Mangkunegara, dan sambil berjalan beliau juga merintis rutinan di berbagai daerah di antaranya, di Kunduran, Kabupaten Blora, Tawun, Gomang, dan Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. [riz/ito]

Tag : Profil Gus Aflakha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat