19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Tinggalkan Rumah saat Lebaran

blokbojonegoro.com | Monday, 24 April 2023 10:00

7 Hal yang Perlu Diwaspadai Ketika Tinggalkan Rumah saat Lebaran Kondisi rumah setelah kebakaran di Desa Jono, Kecamatan Temayang beberapa waktu lau.

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Fitri 1444 H tiba, dalam momen tersebut tentunya sebagian besar masyarakat meninggalkan rumah untuk halal bihalal atau mudik ke keluarga dan tetangga. Namun, perlu diwaspadai ketika meninggalkan rumah saat momen indah kebersamaan tersebut.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro meminta masyarakat untuk lebih waspada, terutama saat meninggalkan rumah untuk mudik lebaran atau halal bihalal ke tetangga sekitar maupun yang berada di luar daerah.

Kepala Dinas Damkarmat Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Gunawan mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk kembali mengecek seluruh isi rumah sebelum meninggalkan saat lebaran.

Berikut Tips sebelum meninggalkan rumah saat lebaran dari Damkar Bojonegoro :

Melapor ke RT/RW kalau kita akan mudik

Sebelum berangkat mudik, diharapkan untuk melaporkan diri kepada Ketua RT maupun RW setempat bahwasanya kita akan melakukan mudik.

Cabut semua kabel dan aliran listrik ke stop kontak (steker)

Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya dicek dan cabut seluruh kabel dan aliran listrik yang beresiko menimbulkan arus pendek atau korsleting listrik.

“Cabut semua kabel dan aliran listrik yang beresiko menimbulkan arus pendek atau korsleting listrik,” ungkap Gunawan.

Cabut aliran gas tabung LPG

Guna mencegah terjadinya musibah kebakaran, kepada para pemudik diharapkan untuk mencabut selang regulator tabung gas dari kompor yang terpasang di dalam rumah sebelum berangkat mudik.

“Jangan sampai dalam kondisi terpasang di kompor, karena ditakutkan (akan) terjadi kebocoran gas yang memicu terjadinya kebakaran,” tegasnya.

Matikan kran dan kosongkan tempat penampungan air

Membiarkan aliran air tetap menyala selama rumah ditinggalkan beberapa hari merupakan tindakan pemborosan. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keran tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia. Selain menyebabkan pembengkakan tagihan air, air yang dibiarkan mengalir akan menyebabkan genangan dan dapat menjadi sarang nyamuk.

Jika memiliki hewan piaraan sebaiknya titipkan

Jika anda ingin mudik dalam beberapa hari dan tidak memungkinkan untuk membawa serta hewan peliharaan, anda dapat menitipkan hewan peliharaan ke pet shop yang menyediakan jasa penitipan hewan, atau juga bisa dititipkan ke tetangga yang tidak mudik.

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu, dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat. Anda dapat menambah gembok untuk membuatnya lebih aman.

Nyalakan lampu di beberapa bagian rumah

Rumah yang terlihat gelap menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Oleh karena itu, anda harus menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah untuk membuat rumah terlihat terang.

“Ketika meninggalkan rumah, diharapkan masyarakat menyalakan sebagian lampu di rumah, agar rumah tersebut tampak terlihat terang,” pungkasnya. [riz/ito]

Tag : Lebaran, rumah, mudik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat