21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Empat SMK di Bojonegoro Terapkan Pendidikan 4 Tahun

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 May 2023 09:00

Empat SMK di Bojonegoro Terapkan Pendidikan 4 Tahun Foto ilustrasi Anak SMA

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan kejuruan, khususnya SMK, sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu program yang sedang dilaksanakan oleh Kemendikbud melalui Direktorat Pengembangan SMK adalah Pengembangan SMK 4 tahun.

Program ini terutama didasari oleh adanya kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), yang menilai kompetensi lulusan SMK yang ada saat ini masih rendah hingga tidak siap memasuki dunia kerja. Hal ini ditengarai menjadi sebab utama tingginya angka TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) dari lulusan SMK.

Terkait dengan hal tersebut, penelitian yang dilakukan oleh Puslitjakdikbud Balitbang ini telah menghasilkan opsi kebijakan tentang (i) kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan, dan masa studi (waktu pembelajaran) yang untuk mencapai/menguasai kompetensi-kompetensi tersebut, (ii) penghargaan yang lebih tinggi terhadap lulusan SMK 4 tahun (dibandingkan dengan lulusan SMK 3 tahun), dan (iii) pengelolaan sekolah untuk SMK 4 tahun.

Menanggapi pelaksanaan program tersebut, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bojonegoro-Tuban, Agung Prijono mengatakan, ada beberapa jurusan di SMK yang menerapkan masa studi selama 4 tahun, yaitu jurusan geologi pertambangan, kehutanan, teknik industri dan teknik kimia, di seluruh Indonesia menerapkan program pendidikan 4 tahun.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri, terdaapt 4 SMK Negeri yang mulai menerapkan sekolah selama 4 tahun yaitu SMKN 2 Bojonegoro (Jurusan Elektronika), SMKN 3 Bojonegoro (Jurusan Kimia Analisis), SMKN 4 Bojonegoro (Jurusan Geologi Pertambangan) dan SMKN Ngasem (Jurusan Geologi Pertambangan).

"Penerapan 4 tahun sekolah tersebut per jurusan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku, mulanya hanya 3 tahun," ungkapnya.

Lanjut Agung Prijono, pendidikan umum para siswa dengan jurusan tersebut akan berjalan selama 3 tahun dan tetap mengikuti ujian-ujian pada umumnya. Mereka juga akan menerima ijazah dari pemerintah setelah 3 tahun menempuh pendidikan.

"Namun yang menjadi pembeda, mereka belum bisa dikatakan lulus karena masih akan menyelesaikan 1 tahun pendidikan kerja lapangan," bebernya.

Terpisah, Abdul Fatah Kepala SMKN Ngasem menambahkan sudah berjalan selama 18 tahun SMKN Ngasem sendiri memiliki Jurusan Geologi Pertambangan.

Namun sejak tahun pelajaran 2018/2019 jurusan tersebut sudah menerapkan program pendidikan SMK lulus 4 tahun atau setara dengan D1-D2. Dan sudah meluluskan alumni selama 2 tahun, yaitu tahun pelajaran 2021/2022 dan 2022/2023.

"Kami juga ada laboratorium geologi pertambangan, lulusan kami juga banyak yang bekerja di perusahaan tambang luar Jawa, seperti operator PT TAMA, Surveyor PT CSB hingga Rigger PT BPP," bebernya. [liz/mu]

 

Tag : SMK, pendidikan, pendidikan 4 tahun, smk bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat