20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |  
Thu, 09 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

8 Tim dari Kampus IKIP PGRI Bojonegoro Lolos Pendanaan DRTPM 2023

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 June 2023 09:00

8 Tim dari Kampus IKIP PGRI Bojonegoro Lolos Pendanaan DRTPM 2023

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebanyak 4 tim IKIP PGRI Bojonegoro lolos proposal pendanaan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristekdikti) tahun 2023.

4 tim tersebut yakni, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio lolos dengan mengangkat tema 'Konservasi Desa Cerdas, dan UKM Multimedia lolos dengan tajuk 'Optimalisasi Peran Bumdes".

Selain itu, UKM Ipama lolos dengan judul 'Program "OSDI : Omah Sampah Digital" Berbasis Zero Waste Community, dan Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika (Himmat) lolos dengan judul Posko Giat Edukasi Literasi dan Numerasi (Gelar).

Koordinatir Program Ajuan PPK Ormawa dari Himmat (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematik) IKIP PGRI Bojonegoro, Tiara Eka Kumala Kusuma Sari mengatakan, ia bersama tim saat mendapatkan kabar adanya hal tersebut, ia langsung bergegas untuk merangkai proposal bersama pembimbing Ibu Anis Umi beserta support Kaprodi Pendidikan Matematika, dengan mengambil topik desa cerdas yang ditujukan di Kelurahan Ngrowo, Kecamatan/Kota Bojonegoro.

"Dari topik tersebut, kita fokuskan ke penguatan literasi dan numerasi bagi gen alpha kelompok marginal di kelurahan ngrowo," ungkap Tiara kepada blokBojonegoro.com.

Selanjutnya, lanjut Tiara, seusai mendapatkan pendanaan program tersebut, timnya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak desa setempat, dan dilanjut dengan sosialisasi dan mengeksekusi program-program yang telah disiapkan.

"Setelah sosialisasi, kita langsung pelaksanaan program. Namun tentunya, sebelum kami terjun ke lapangan, kami memantapkan jobdesk masing-masing anggota tim pelaksana," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IKIP PGRI Bojonegoro, Dr. Taufik Hidayat mengucapkan syukur atas lolosnya tim IKIP PGRI Bojonegoro yang telah mendapatkan pendanaan PPK Ormawa. Tentunya, hal tersebut tak terlepas dari dukungan kampus dan kerja sama antara dosen pembimbing dan para mahasiswa.

"Alhamdulillah, 4 tim kami lulus pendanaan PPK Ormawa, 1 tim PKM, dan 3 tim hibah dosen DRTPM melalui lama Bima. Keberhasilan ini tentunya berkat semangat kerja sama antar ormawa, mahasiswa, dosen, kemahasiswan, hingga seluruh sivitas IKIP PGRI Bojonegoro," ucapnya.

Pihaknya berharap, implementasi atau pelaksanaan PPK Ormawa IKIP PGRI Bojonegoro ini bisa berjalan dengan lancar, efektif, dan tentunya bisa berdampak bagi masyarakat setempat.

“Semoga bisa berdampak bagi masyarakat, dan saya harapkan tahun depan agar bertambah lagi ormawa yang mendapatkan pendanaan tersebut," pungkasnya.

Perlu diketahui, PPK Ormawa adalah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, penilaian proposal PKK ormawa 2023 telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek tersebut telah menyeleksi sebanyak ribuan subproposal. Adapun penerima bantuan PPK ormawa sebanyak 608 judul subproposal dari 199 perguruan tinggi di Indonesia yang diumumkan pada Kamis 14 Juni 2023 lalu.

Selain itu, tim berikutnya juga mendapatkan hibah pendanaan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) serta Program Kreativitas Mahasiswa. Tim dosen tersebut, yakni Ima Isnaini dan Dwi Erna Novianti yang menerima hibah program PKM. Sedangkan Cahyo Hasanudin dan Ayu Fitrianingsih menerima dana hibah penelitian dasar lanjutan dan hibah penelitian dosen pemula, dan Puput Suriyah untuk hibah Penelitian Disertasi Doktor. Tim Program Kreativitas Mahasiswa atas tersebut yakni Daimatun dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika didampingi oleh dosen yaitu Ibu Siska P. [mu]

 

Tag : Ikip pgri bojonegoro, kampus ikip, ikip bojonegoro, mahasiswa, kampus



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat