15:00 . 592 Calon Anggota PPK untuk Pilkada Bojonegoro 2024 Jalani Tes CAT   |   13:00 . BPBD Bojonegoro Hentikan Pencarian Mahasiswa yang Diduga Tenggelam   |   08:00 . bloKembang, Rekomendasi Karangan Bunga Bojonegoro Tuban   |   07:00 . Gempa Magnitudo 4.3 di Timur Laut Tuban, Dirasakan di Bawean   |   16:00 . Halal Bihalal MGMP PAI SMA Kabupaten Bojonegoro, Dirangkai Penyerahan Hadiah Juara Got Talent   |   15:00 . Sehari Dua Kecelakaan Maut Terjadi di Bojonegoro, Lima Nyawa Melayang   |   14:00 . Kronologi Lengkap Laka Maut Truk Tangki vs Pemotor di Bojonegoro   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Peringkat 3 Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Dinas   |   21:00 . Laka Maut Truk vs Motor, Satu Keluarga di Bojonegoro Meninggal   |   19:00 . Bermain Buruk, Supporter Emosi Hadang Pelatih dan Pemain Persibo Bojonegoro   |   18:00 . Laga Ke-3, Persic Cilegon Tahan Imbang 0-0 Persibo Bojonegoro   |   15:00 . Anna Muawanah dan Nurul Azizah Daftar Bacabup di Partai Demokrat   |   13:00 . Kecelakaan Maut, Bus Hantam Pemotor, Dua Orang Meninggal   |   10:00 . Matangkan Koalisi di Pilkada 2024, Gerindra dan Golkar Bojonegoro Usung Kader Sendiri   |   09:00 . EMCL dan Ademos Sosialisasi Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Lewat Usaha BUMDesa    |  
Tue, 07 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Panen Hasil Belajar, Kacabdindik: Kembalikan Khittah Pendidikan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 July 2023 14:00

Festival Panen Hasil Belajar, Kacabdindik: Kembalikan Khittah Pendidikan

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 telah serempak digelar oleh masing-masing wilayah. Di Bojonegoro, lokakarya bertajuk Festival Panen Hasil Belajar ini digelar di area GOR SMT Tikusan Bojonegoro.

Momen ini menjadi spirit tersendiri bagi dunia pendidikan untuk lebih meningkatkan inovasi dan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten. Hal itu turut diperjelas oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bojonegoro-Tuban saat menghadiri acara.

"Mari, kita kembali ke khittah esensi pendidikan," seru Kacabdin Pendidikan Bojonegoro, Adi Prayitno sembari mengajak.

Pihaknya menekankan, bahwa Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan yang penyelenggara pendidikan telah diatur dalam Pembukaan Undang-Undang 45 alenia ke empat. Yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Landasan hukum tertinggi mengatur hak itu. Maka, utuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Adi Prayitno mengimbau supaya paradigma harus terbuka dan inkonvensional. Kacabdin juga mengingatkan perjalanan kurikulum, mulai dari kurikulum pada penjajahan Belanda, kurikulum saat di Pondok Pesantren, saat penjajahan Belanda, kurikulum Ki Hajar Dewantara, hingga KTSP dan Kurikulum Merdeka saat ini.

"Dilihat, bagaimana perbedaannya. Perbedaan itu untuk menyelaraskan sebuah kebutuhan," lengkapnya lagi. 

Kendati begitu, Kacabdin juga mengapresiasi output dari pada Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 7 kali ini. Yang mana CGP angkatan 7 adalah guru istimewa sekaligus jadi tauladan bagi seluruh guru maupun siswa yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

"Guru sejati yang betul-betul bersemangat, untuk mengubah mindset berani memiliki sebuah tantangan yang bermuara pada peserta didik. Sehingga peserta didik akan menjadi siswa istimewa, yang memiliki profil pelajar Pancasila," tukasnya.

Setelah agenda Lokakarya 7 hingga nanti dinobatkan dan dikukuhkan, Kacabdin Bojonegoro-Tuban berpesan kepada para CGP supaya betul-betul harus senantiasa menjaga kualitas sebagai seorang guru pengajar yang bisa dipertanggungjawabkan di masyarakat, sekolah, dinas, taraf Provinsi dan Nasional. [feb/col]

Tag : belajar, pendidkkan, angka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat