09:00 . Peserta Lomba Baca Kitab dari Madura, Jember hingga Trenggalek   |   22:00 . 100 Peserta Lomba Baca Kitab Se Jatim Siap Bersaing   |   21:30 . Penuh Sesak Pengunjung Saat   |   20:00 . Pentas Seni Meriahkan Bazar Alumni Attanwir   |   15:00 . Tangis Haru Warnai Purnawiyata di SDN Sekaran   |   13:00 . SATGAS KESEHATAN ATTANWIR Laksanakan Khitan   |   12:00 . 100 Anak Ikuti Khitanan Massal IKAMI ATTANWIR   |   11:00 . Dokter Spesialis Kesehatan jiwa RSUD Bojonegorp Bagi Tips Hidup Sehat Jauh dari Narkoba   |   10:00 . Cerita Utami Nasabah BRI Bojonegoro, Terlanjur Jatuh Hati Pilihkan Tabungan Masa Depan Anak Lewat BRI Junio   |   09:00 . KUR BRI Bojonegoro Dorong Kemajuan Klaster Petani Melon   |   08:00 . Harapkan Kerjasama Yang Baik, 18 Pantarlih Desa Tanjungharjo Dilantik   |   07:00 . 280 Kades Diperiksa Dugaan Korupsi Mobil Siaga: Kerugian Negara Terkumpul Rp3,1 Miliar   |   22:30 . 100 Anak Besok Pagi Ikuti Khitanan Massal   |   22:00 . Berjubel di Stand Bazar Alumni Attanwir   |   21:30 . Ribuan Pengunjung Padati Fesban   |  
Wed, 26 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Kapasitas Peternak, Wujudkan Ketahanan Pangan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 12 July 2023 21:00

Tingkatkan Kapasitas Peternak, Wujudkan Ketahanan Pangan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sektor peternakan semakin menjanjikan bagi masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, dengan banyaknya pakan ternak disekitar lingkungannya masing-masing. Sehingga Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro berupaya meningkatkan kapasitas para peternak, untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat Bojonegoro.

Melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan pengetahuan dan kapasitas teknologi pakan ternak, yang diadakan di balaidesa Lengkong Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Rabu (12/7/2023), diikuti perwakilan puluhan kelompok ternak di Kecamatan Balen, Sugihwaras, Kedungadem, Sumberejo dan Kanor.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Catur Rahayu mengungkapkan, peluang usaha peternakan masih besar dan keuntungannya juga menjanjikan. Pasalnya dengan berternak, ketersediaan pakan ternak sangat melimpah disekitar kita dan bisa dimanfaatkan untuk berternak.

"Bisa menambah nilai perekonomian masyarakat juga terpenting meningkatkan ketahanan pangan kita semuanya," terang Bu Catur saat memberikan sambutan.

Selain itu sektor peternakan, lanjut Bu Catur, hasil ternak bisa menambah protein hewani bagi keluarganya sendiri. Sekaligus protein tersebut bisa mencegah stunting yang perlu ditanggulangi bersama-sama.

Untuk itu dengan adanya peningkatan kapasitas ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman peternak, menyediakan ketersediaan pakan ternak. "Semoga pelatihan ini bisa diikuti dengan sungguh-sungguh dan bisa diaplikasikan langsung," terangnya.



Sementara itu Camat Balen, Agus Rahardjo mengapresiasi kegiatan yang digagas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, sekaligus berterimakasih pelatihan ini diadakan di Kecamatan Balen agar para peternak Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Balen bisa meningkat kapasitas dan pengetahuannya.

"Sebab ketahanan pangan melalui peternakan, sudah dicanangkan mulai pusat, provinsi sampai daerah karena 20 persen ketahanan pangan dianggarkan dari DD (Dana Desa)," ungkapnya.

Ditambahkan, dengan berternak bisa meningkatkan taraf hidup, selain panen. Pasalnya limbah hasil panen dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak, sekaligus melalui berternak mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

"Sekarang ini sedangkan berlangsung pembahasan RKP Desa melalui Musdes, untuk ditetapkan September mendatang. Silahkan diusulkan untuk ketahanan pangan bagi masyarakat," pungkas Camat Balen.

Tampak dalam kegiatan bimbingan teknis tersebut, diisi pemateri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yakni Ibu Yenny Nur Anggraeny dan Ibu Dr. Setiasih, S.Pt.MP. Penyampaian materi yang berlangsung dinamis dipandu langsung Ibu Ir. Elfia Nuraini SPt.MP Kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

Selain pemaparan materi serta tanya jawab dari peserta yang hadir, juga dilanjutkan praktek langsung pembuatan pakan ternak. Diharapkan seluruh peserta bisa mempraktekan langsung dirumahnya masing-masing, setelah mengikuti pelatihan ini. [zid/ito]

Tag : peternak, kelompok tani, bojonegoro, balen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat