23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Di Gedung Tempat Bung Karno Pernah Sekolah, Erick Thohir Buka Pos Bloc Surabaya

blokbojonegoro.com | Wednesday, 14 June 2023 20:00

Di Gedung Tempat Bung Karno Pernah Sekolah, Erick Thohir Buka Pos Bloc Surabaya

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan program revitalisasi aset-aset bersejarah dan bernilai tinggi milik perusahaan negara.  Kali ini, Rabu (14/6/2023) giliran aset PT Pos Indonesia (Persero) di Surabaya yang dilirik Erick untuk ditingkatkan nilai ekonomi aset BUMN tersebut. Aset yang direvitalisasi tersebut adalah cagar budaya Gedung Kantor Pos Kebonrojo yang berada di Jalan Kebonrojo Nomor 10, Surabaya.

Hadir mendampingi Erick dalam kunjungannya tersebut Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmat Djumadi, serta Direktur Utama Pos Properti Junita Roemawi.

"Khusus di PT Pos Indonesia, sejak awal memang ada 4 aset besar, yaitu di Jakarta, Medan, sekarang di Surabaya, dan satu lagi di Bandung," ujar Erick dalam kunjungannya ke Pos Bloc Surabaya.

Menteri BUMN menyebutkan, sejak awal, pihaknya telah menemukan aset - aset BUMN yang banyak mangkrak dan  tidak bermanfaat.  Atas dasar itu diperlukan revitalisasi aset - aset yang menganggur itu hingga memberikan kontribusi berupa keuntungan kepada BUMN pemilik asetnya.

"(Revitalisasi) harus dilakukan, karena BUMN perlu memberikan kontribusi kepada negara. Negara membutuhkan pemasukan bukan hanya dari pajak, tetapi dari BUMN, dalam bentuk dividen," ujarnya.

Erick menitipkan kepada BUMN pemilik aset dan pemerintah daerah agar menjaga aset - aset BUMN yang sudah direvitalisasi tersebut agar tetap produktif

"Setelah dibangun jangan malah jadi sepi. Padahal sudah dibangun, setahun kemudian malah ditinggalkan. Lihat Sarinah, mereka untung," imbuhnya.

Sebelumnya, Erick telah mendorong dan menuntaskan revitalisasi aset BUMN lain yaitu pusat perbelanjaan dan cagar budaya Sarinah di Jakarta, perusahaan musik bersejarah di Solo Lokananta. Erick juga baru saja menyelesaikan revitalisasi Gedung Danareksa di Jakarta.

Selain itu, kata Erick, PT Pos Indonesia juga sudah mengoperasikan aset hasil revitalisasi ‘Pos Bloc’ di Pasar Baru, Jakarta untuk pasar UMKM, produk lokal, seni, hingga budaya.

Aset-aset bersejarah milik BUMN ada yang sudah dimanfaatkan dengan baik, seperti Pos Bloc di Pasar Baru untuk UMKM, produk lokal, seni dan budaya. Area cagar budaya itu dulunya Gedung Filateli Pos yang kini menjadi Pos Bloc.

Erick mengatakan, semua pihak harus pastikan aset - aset BUMN bermanfaat. Gunakan untuk public space yang disukai anak muda agar lebih kreatif. Karena 55% penduduk Indonesia adalah berusia muda.

"Mohon dukungan agar ini menjadi tempat untuk kolaborasi, masyarakat kreatif. Kita jaga bersama - sama. Karena sayang asetnya bagus," ujar Erick. 

Dia menambahkan, revitalisasi ini dilakukan agar bisa ditingkatkan asetnya menjadi sesuatu yang lebih baik, baik layanannya maupun sebagai bisnis.

Dalam laman situs web Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Kota Surabaya disebutkan Gedung Kantor Pos Kebonrojo adalah Cagar Budaya dan dibangun pada 1926, oleh arsitek GPJM Bolsius dari Departemen Burgerlijke Openbare Werken (BOV) Batavia.  Sebelum menjadi kantor pos, gedung ini digunakan sebagai Kantor Kabupaten Surabaya sekitar tahun 1800 – 1881. Itu sebabnya Jalan Kebonrojo dulu dikenal dengan nama Regenstraat.

Setelah itu, gedung ini beralih fungsi lagi menjadi gedung HBS (Hogere Burgerschool) atau sekolah tingkat menengah (SMP dan SMA) hingga tahun 1923. Dan yang menjadikannya bernilai sejarah tinggi adalah karena salah satu lulusannya tidak lain Soekarno (1915-1920), Proklamator Kemerdekaan RI.

Selain Soekarno, beberapa tokoh lain yang juga bersekolah di sana adalah Hubertus Jan van Mook (1906-1913), Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan Pimpinan Tinggi NICA.  Soekarno dan van Mook, keduanya sekolah di HBS ini, sebuah sekolah untuk anak-anak bangsa Eropa, putra bangsawan pribumi atau putra para tokoh pribumi terkemuka, dengan pengantar dalam Bahasa Belanda.

Gedung ini juga sempat dipakai selama tiga tahun sebagai gedung Kepala Komisaris Surabaya (Hoofdcommissariaat van Politie) sebelum akhirnya digunakan sebagai kantor pos hingga sekarang. Gedung ini pernah dikuasai Jepang pada pasa pendudukan Jepang, tapi berhasil direbut kembali oleh para pegawai pos pribumi sekitar Oktober 1945.[ito]

Tag : menteri, bumn, erick thohir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat